Tribun Bisnis

Jajaki Industri Perbankan, Grab Luncurkan Bank Digital di Singapura

Peluncuran tersebut dilakukan setelah GXS Bank mendapatkan lisensi perbankan dari Otoritas Moneter Singapura pada 2020.

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Jajaki Industri Perbankan, Grab Luncurkan Bank Digital di Singapura
Tribunnews/Dea Duta Aulia
Grab Holdings resmi memembuat layanan keuangan digital GXS Bank di Singapura, setelah mendapatkan lisensi perbankan dari Otoritas Moneter Singapura pada 2020. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, SINGAPURA – Perusahaan transportasi online Grab Holdings resmi meluncurkan layanan keuangan digital GXS Bank di Singapura, pada Rabu (31/8/2022).

Peluncuran tersebut dilakukan setelah GXS Bank mendapatkan lisensi perbankan dari Otoritas Moneter Singapura pada 2020.

Dengan menggandeng Singapore Telecommunications sebagai mitra kerjanya, nantinya bank digital joint venture dari Grab akan menawarkan layanan simpanan, serta kredit bagi kalangan muda dan pekerja di Singapura.

"GXS adalah bank lokal dengan misi untuk mendukung kebutuhan para wirausahawan, pekerja ekonomi pertunjukan, dan pekerja awal di komunitas kami," kata CEO GXS Singapura Charles Wong dilansir dari Reuters.

Baca juga: ID Tech HQ: Markas Grab Regional untuk Inovasi Bagi UMKM dan Pedagang Pasar

Untuk menarik minat para calon nasabah, Wong menjelaskan bahwa bank digital tersebut tidak akan mematok setoran minimum dalam simpanannya. Tak hanya itu bunga simpanan yang ditawarkan GXS juga cukup menggiurkan. Dimana rekening GXS akan menawarkan setoran bunga harian hingga 1,58 persen per tahun.

“Yang penting bagi kami adalah melihat apa yang dapat kami lakukan di seluruh ekosistem kami, tantangannya soal apa yang bisa dilakukan oleh rekening tabungan dasar untuk mendukung tujuan dan impian mereka," tambah Wong.

Rencananya layanan perbankan digital itu akan mulai dibuka pada 5 September mendatang, meski peluncurannya dilakukan secara bertahap. Namun Layanan ini akan diintegrasikan dalam aplikasi Grab, sehingga pengguna dapat bertransaksi seperti menabung atau mengajukan kredit sambil melakukan pemesanan kendaraan dan pengiriman makanan.

Baca juga: Menko Luhut: Saya Minta Grab Pindahkan Kantor Pusat ke RI, Jangan di Singapura

Sayangnya hanya para karyawan terpilih dan pelanggan yang tidak memiliki rekening di bawah GXS yang akan memulai program ini, namun apabila dalam uji coba nanti bank digital besutan Grab mendapat respon positif maka penggunaan layanan perbankan ini akan dibuka untuk umum.

Diperkirakan GXS Bank dapat menarik lebih dari 3 juta pelanggan Singapura.

Dengan ekspansi ini Nasdaq melabeli Grab sebagai layanan yang menawarkan fasilitas terlengkap mencakup perbankan, pembayaran digital, pembiayaan, asuransi, pengiriman makanan, dan manajemen kekayaan.

Sebagai informasi sebelumnya Grab juga telah meluncurkan layanan serupa di Malaysia tepatnya pada bulan April lalu, rencananya Grab juga akan memperluas ekspansi perbankan digital di Indonesia dengan membeli 16,3 persen saham di PT Bank Farma International.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas