Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Membandingkan Harga BBM Vivo Revvo 89 Dengan Harga Keekonomian Pertalite

Viral Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Vivo yang menjual salah satu varian bensinnya yaitu Revvo 89 terus mengemuka.

Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Membandingkan Harga BBM Vivo Revvo 89 Dengan Harga Keekonomian Pertalite
Apfia Tiocony Billy/Tribunnews.com
SPBU pertama PT Vivo Energy Indonesia di Jalan Raya Cilangkap, RT 007/003, Kelurahan Cilangkap Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur. 

TRIBUNNEWS.COM -- Viral Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum atau SPBU Vivo yang menjual salah satu varian bensinnya yaitu Revvo 89 terus mengemuka.

Pasalnya, SPBU tersebut menjual Revvo 89 dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan Pertalite. Kemungkinan harga Revvo 89 bakalan dinaikkan.

Jika Pertalite dijual Rp 10.000/liter maka Vivo menjual Revvo 89 dengan harga Rp 8.900 atau selisih Rp 1.100.

Revvo yang produksi perusahaan swasta tersebut dianggap jauh lebih murah dibandingkan dengan Pertalite yang memakai subsidi pemerintah.

Baca juga: Kenaikan Harga BBM Bersubsidi Tekan Harga Saham, Analis Pesimists IHSG Hari Ini di Zona Hijau

Apalagi dibandingkan harga keekonomian Pertalite yang menurut Pemerintah berbeda-beda, versi Jokowi Rp Rp 17.100 per liter, versi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif Rp 17.200 per liter sedangkan versi Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati di angka Rp 14.450 per liter.

Mengenai perbandingan tersebut Tribunnews masih berusaha mengonfirmasi dengan Vivo.

Sementara Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Irto Ginting, buka suara.

BERITA REKOMENDASI

Irto Ginting menjelaskan perbedaan harga tersebut karena beberapa hal.

Menurut dia, harga SPBU milik swasta harus mengikuti formula batas atas yang ditetapkan oleh pemerintah melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

"BBM yang dijual oleh Vivo merupakan jenis bahan bakar umum, sehingga masing masing badan usaha yang menentukan harga ecerannya sesuai dengan formula batas atas yang ditentukan Kementerian ESDM," ujarnya kepada Kompas.com, Minggu (4/9/2022).

Sementara BBM Pertamina dalam hal ini jenis Pertalite lanjut Irto, mengandung bahan bakar khusus sehingga harga jualnya menjadi kewenangan pemerintah.

"BBM Pertamina Pertalite merupakan jenis bahan bakar minyak khusus penugasan yang harganya sudah ditentukan oleh pemerintah dan harganya sama di seluruh Indonesia," ucap dia.
Sebagai informasi SPBU Vivo menjual BBM jenis Revvo 89 seharga Rp 8.900 per liter. BBM ini memiliki research octane number (RON) 89.

Baca juga: Harga BBM Bersubsidi Naik Langsung Diikuti Kenaikan Taris Bus Antar Kota, Berikut Riciannya

Sementara BBM Pertamina yang nilai oktannya hampir setara dengan Revivo 89 adalah Pertalite dengan RON 90.

Harga Pertalite sendiri baru saja dinaikkan Pemerintah dari Rp 7.0 per liter menjadi Rp 10.000 per liter mulai pukul 14.30 WIB Sabtu (3/9/2022) lalu.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas