Tribun Bisnis

Bandara Kualanamu Ingin 25 Tahun ke Depan Bisa Layani 65 Juta Penumpang per Tahun

Bandara Kualanamu sebagai hub atau bandara penghubung di wilayah barat Indonesia untuk penerbangan Internasional ke berbagai wilayah di Nusantara.

Penulis: Dodi Esvandi
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Bandara Kualanamu Ingin 25 Tahun ke Depan Bisa Layani 65 Juta Penumpang per Tahun
dok Angkasa Pura II
Bandara Kualanamu. Saat ini Bandara Kualanamu baru melayani lima rute internasional, yaitu Kulanamu-Kuala Lumpur, Kulanamu-Penang, Kualanamu-Singapura, Kualanamu-Madinah, dan Kualanamu-Bangkok. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dodi Esvandi

TRIBUNNEWS.COM, MEDAN - PT Angkasa Pura Aviasi sebagai pengelola Bandara Kualanamu ingin dalam 25 tahun ke depan bisa melayani sebanyak 65 juta penumpang per tahun.

Target itu seiring dengan keinginan PT Angkasa Pura Aviasi menjadikan Bandara Kualanamu sebagai hub atau bandara penghubung di wilayah barat Indonesia untuk penerbangan Internasional ke berbagai wilayah di Nusantara.

"Sekarang kita masih melayani 5,9 juta sampai 6 juta penumpang per tahun," kata Presiden Direktur Angkasa Pura Aviasi, Ahmad Rifai di acara seminar bertajuk 'Kualanamu Sebagai Penghubung Internasional di ASEAN: Tantangan dan Realisasi' di Medan, Sumatera Utara, Selasa (20/9/2022).

Baca juga: Angkasa Pura Aviasi Targetkan Kualanamu Jadi Bandara Penghubung Wilayah Barat

"Kami optmistis 25 tahun ke depan bisa punya 65 juta penumpang per tahun," imbuh dalam seminar yang didukung oleh AirAsia Indonesia itu.

Rifai membeberkan, ada empat fase yang akan dilalui untuk mencapai target tersebut.

Hingga 2026 penumpang yang bisa ditampung di Bandara Kualanamu mencapai 14,6 juta.

Kemudian pada 2030 Bandara Kualanamu menargetkan melayani 20,6 juta penumpang.

Selanjutnya pada 2036 Bandara Kualanamu mengincar bisa melayani 31,4 juta penumpang.

Setelah pada 2044 ditargetkan Bandara Kualanamu melayani 47,3 juta penumpang.

Puncaknya sebagai target utama pada 2047 Bandara Kualanamu akan melayani 65 juta penumpang per tahun.

Untuk mencapai target tersebut, PT Angkasa Pura Aviasi berencana menambahkan rute baru di kawasan Asia Tenggara dalam lima tahun ke depan.

Saat ini Bandara Kualanamu baru melayani lima rute internasional, yaitu Kulanamu-Kuala Lumpur, Kulanamu-Penang, Kualanamu-Singapura, Kualanamu-Madinah, dan Kualanamu-Bangkok.

Baca juga: Tol Binjai-Stabat Rampung, Erick Thohir: Ke Bandara Kualanamu Cuma 45 Menit

Selain menambah rute menuju negara-negara di kawasan Asia Tenggara, PT Angkasa Pura Aviasi juga bakal membangun konektivitas ke negara-negara di kawasan Asia Selatan, terutama kota-kota di India.

"Posisi Kualanamu adalah bandara paling dekat dengan India, Bangladesh, dan negara-negara lain di kawasan itu. Kualanamu bisa jadi hub daerah-daerah tersebut. Selain itu kita juga punya historical. Semoga bandara kita bisa segera didarati oleh airlines dari India," kata Rifai.

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas