Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Komitmen Membuat Bumi Lebih Hijau, Alfamart Pasang PLTS di 11 Lokasi Kantor Cabang dan Gudang

Total kapasitas yang terpasang melalui 11 PLTS ialah sebesar 784,92 kWp dan diharapkan dengan ini bisa memberikan banyak manfaat.

Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Komitmen Membuat Bumi Lebih Hijau, Alfamart Pasang PLTS di 11 Lokasi Kantor Cabang dan Gudang
Lita Febriani
Konferensi pers Alfamart Green Retailing : Improvement Environmental Sustainability di Alfamart Tower, Tangerang, Selasa (18/10/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - Berkomitmen membuat bumi lebih hijau, PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) mengimplementasikan penggunaan solar panel melalui sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di 11 lokasi kantor cabang dan gudang.

Kesebelas PLTS tersebut dipasang di Palembang, Banjarmasin, Medan, Parung, Bogor, Balaraja, Bandung, Rembang, Malang, Bali dan Karawang.




Total kapasitas yang terpasang melalui 11 PLTS ialah sebesar 784,92 kWp dan diharapkan dengan ini bisa memberikan banyak manfaat, terutama bagi lingkungan.

Alfamart menggandeng SUNterra untuk memasang instalasi panel surya di beberapa kantor cabang dan gudang tersebut.

Baca juga: Penggunaan PLTS Atap Makin Diminati Pelaku Usaha Industri di Indonesia

Sebelumnya, perusahaan juga telah memulai komitmen penggunaan panel surya sejak 2021 lalu dan di tahun depan akan menambah jumlah PLTS di sembilan kantor cabang dan gudang.

Corporate Affairs Director Alfamart Solihin, mengatakan melalui penggunaan energi bersih dan ramah lingkungan untuk kebutuhan listrik operasional dengan memanfaatkan energi surya, dimana Alfamart adalah perusahaan yang mengedepankan aspek berkelanjutan dalam kerangka Environmental Social and Governance (ESG).

BERITA TERKAIT

"Dengan kapasitas tersebut, Alfamart dapat menurunkan emisi karbon sebanyak lebih dari 10.000 ton atau setara dengan menanam lebih dari 400.000 pohon selama 25 tahun. Kami akan konsisten menambah jumlah PLTS di kantor dan gudang Alfamart pada tahun-tahun mendatang," tutur Solihin Konferensi pers Alfamart Green Retailing : Improvement Environmental Sustainability di Alfamart Tower, Tangerang, Selasa (18/10/2022).

Lewat kegiatan CSR Alfamart yang berada dalam payung kampanye Alfamart Sahabat Bumi, perusahaan memang fokus pada bidang lingkungan.

Bukan hanya mulai meninggalkan penggunaan kantong sampah plastik sekali pakai, pemasangan solar panel, Alfamart juga telah melakukan penanaman pohon di lahan kritis dan pengembangan desa ramah lingkungan yang berkelanjutan melalui Kampung Alfamart Sahabat Bumi.

Property and Development Director Alfamart Hans Haris Chandra, menyampaikan program keberlanjutan ini sudah dimulai oleh Alfamart selaku pelopor retailing yang menerapkan pembangkit listrik tenaga surya sejak tahun lalu.

"Waktu itu kami memiliki komitmen untuk anak bangsa, untuk penerus bangsa agar tetap mendapatkan bumi yang bersih, sehingga kita menyiapkan program sejak tahun lalu untuk menerapkan proyek PLTS di cabang Karawang Barat," jelas Haris.

Alfamart melihat, dengan menggunakan Pembangkit Listrik Tenaga Surya dapat memberikan nilai ekonomi dan sosial yang tinggi.

"Secara dampak ekonomis maupun sosial sangat tinggi. Kami punya profitable dan sustainable benefit. Dari sisi penurunan emisi karbon kita berhasil menurunkan 461,58 ton. Itu setara dengan kita menyelamatkan lebih dari 25.000 pohon dan juga secara tenaga listrik kita juga bisa memberikan 462,97 MWh dan menekan penggunaan batu bara sebanyak 187,04 ton," terang Haris.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas