Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Melonjak 42 Persen, KAI Catat Jumlah Penumpang Semester I 2022 Mencapai 119,8 Juta Orang

Didiek Hartantyo mengatakan, volume pelanggan didominasi pelanggan KRL di wilayah Jabodetabek, di mana jumlahnya mencapai 89,9 juta penumpang

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Melonjak 42 Persen, KAI Catat Jumlah Penumpang Semester I 2022 Mencapai 119,8 Juta Orang
TRIBUNNEWS.COM/IST/HO
Petugas kereta api Gumarang Jakarta - Surabaya melakukan pengecekan kembali tiket salah satu penguji Uji Kompetensi Pewarta Foto Indonesia (UKPFI) didalam gerbong, Selasa (2/8/2022). PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat jumlah penumpang pada semester I 2022 mencapai 119,8 juta pelanggan, naik 42 persen dibanding capaian periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 84,1 juta pelanggan.  

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat jumlah penumpang pada semester I 2022 mencapai 119,8 juta pelanggan, naik 42 persen dibanding capaian periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 84,1 juta pelanggan. 

Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo mengatakan, volume pelanggan didominasi pelanggan KRL di wilayah Jabodetabek, di mana jumlahnya mencapai 89,9 juta penumpang. 




"Kenaikan ini ditunjang meredanya pandemi Covid-19, tingkat vaksinasi yang semakin membaik, dan relaksasi persyaratan perjalanan di awal tahun 2022," kata Didiek dalam keterangannya, Selasa (18/10/2022).

Baca juga: Syarat, Ketentuan dan Cara Membatalkan Tiket Kereta Api Melalui KAI Access

 
Tak hanya angkutan penumpang, kata Didiek, sektor angkutan barang KAI pun menunjukkan kinerja yang positif pada semester I 2022. 

KAI mengangkut sebanyak 26,7 juta ton barang, naik 15 persen dibanding semester I 2021 sebanyak 23,2 juta ton barang. Secara umum, peningkatan ini juga dipengaruhi faktor pandemi yang semakin mereda, sehingga iklim usaha pun turut membaik.

Untuk semakin memperkuat kebangkitan KAI pascapandemi, Didiek menyebut KAI terus mengoptimalkan aset-asetnya yang tersebar di Jawa dan Sumatera. 

BERITA TERKAIT

Aset-aset KAI yang dikuasai oleh pihak yang tidak berhak pun secara konsisten KAI tertibkan dengan dibantu oleh aparat kewilayahan dan kepolisian. 

Hingga Agustus 2022, KAI telah melakukan penertiban asetnya berupa tanah seluas 527.952 m2 dan bangunan seluas 37.147 m2 di wilayah kerjanya seperti di DKI Jakarta, Sumatera Barat, dan Jawa Tengah. 

Adapun bangunan yang telah ditertibkan yaitu berupa kios, rumah perusahaan, bangunan dinas, dan bangunan liar. 

"Melalui penertiban tersebut, KAI telah menyelamatkan asetnya senilai Rp1,02 triliun," paparnya.

Baca juga: Cara Pesan Tiket Kereta Api di KAI Access, Kini Bisa Pesan 10 Tiket Sekaligus

 
Atas membaiknya kinerja KAI tersebut, KAI membukukan laba bersih pada semester I 2022 sebesar Rp740 miliar, atau tumbuh 254% dibanding semester I 2021 yaitu minus Rp480 miliar. 

"Bangkitnya kinerja KAI ini sejalan dengan strategi, harapan, dan aspirasi Kementerian BUMN yang menginginkan perusahaan agar dapat bertahan dan semakin kuat di tengah krisis kesehatan dan ekonomi akibat Covid-19 ini,” tutur Didiek.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas