Tribun Bisnis

Kurangi Emisi Karbon, Alfamart Lakukan Uji Coba Truk Listrik untuk Angkut Logistik ke Gerai

Alfamart akan bekerja sama dengan agen pemegang merek untuk melakukan pilot project penggunaan truk listrik.

Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Kurangi Emisi Karbon, Alfamart Lakukan Uji Coba Truk Listrik untuk Angkut Logistik ke Gerai
Lita Febriani
Konferensi pers Alfamart Green Retailing : Improvement Environmental Sustainability di Alfamart Tower, Tangerang, Selasa (18/10/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Lita Febriani

TRIBUNNEWS.COM, TANGERANG - PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) berkomitmen membuat bumi lebih hijau sejalan dengan pengurangan emisi karbon yang tengah diusahakan oleh pemerintah.

Corporate Affairs Director PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) Solihin, mengatakan sebagai langkah untuk mengurangi emisi karbon, perusahaan mulai melakukan uji coba truk listrik untuk angkutan logistik dari gudang ke gerai.

"Soal kendaraan listrik sebagai operasional, saat ini kita sedang mencoba atau melakukan pilot project. Itu kita mulai sejak 1 atau 2 bulan lalu. Kita gunakan di daerah Tangerang ini sebagai alat transportasi kita yang selama ini mendistribusikan barang-barang ke berbagai gerai," tutur Solihin di Alfamart Tower, Tangerang, Banten, Selasa (19/10/2022).

Perusahaan bekerja sama dengan agen pemegang merek untuk melakukan pilot project penggunaan truk listrik tersebut.

Baca juga: Komitmen Membuat Bumi Lebih Hijau, Alfamart Pasang PLTS di 11 Lokasi Kantor Cabang dan Gudang

Alfamart sendiri akan menggunakan kendaraan listrik khususnya truk sebagai alat distribusi barang ke gerai secara massal saat infrastruktur sudah siap.

"Untuk implementasinya secara langsung kapan tentunya kita masih menunggu kesiapan infrastruktur. Kalau kami dengan adanya kendaraan listrik pasti banyak yang bisa kita hemat, seperti bahan bakar yang saat ini ada penyesuaian. Jadi otomatis listrik menjadi alternatif perusahaan dalam rangka mengefisienkan biaya dan membantu pemerintah mengurangi emisi," terangnya.

Alfamart juga mengimplementasikan penggunaan solar panel melalui sistem Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) di 11 lokasi kantor cabang dan gudang untuk berkontribusi mencapai netralitas karbon di tahun 2060 bersama pemerintah.

Kesebelas PLTS tersebut dipasang di Palembang, Banjarmasin, Medan, Parung, Bogor, Balaraja, Bandung, Rembang, Malang, Bali dan Karawang.

Total kapasitas yang terpasang melalui 11 PLTS ialah sebesar 784,92 kWp dan diharapkan dengan ini bisa memberikan banyak manfaat, terutama bagi lingkungan.

Property and Development Director Alfamart Hans Haris Chandra, menyampaikan bagi perusahaan penerapan solar panel dapat membawa nilai ekonomi yang sangat signifikan.

"Bagi perusahaan penerapan solar panel ini memiliki manfaat ekonomis karena kami bisa saving lebih dari Rp 500 juta pertahun. Bagi perusahaan ini sangat terasa, terlebih dalam dua tahun ini kita diterjang pandemi," ungkap Haris.

© 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas