Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Fasilitas Uji Kendaraan Outdoor Siap Beroperasi di Bekasi November 2023

Proyek Proving Ground oleh Kementerian Perhubungan sudah dimulai sejak tiga tahun lalu atau sejak 2019. 

Penulis: Yanuar R Yovanda
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Fasilitas Uji Kendaraan Outdoor Siap Beroperasi di Bekasi November 2023
Tribunnews/dok.
Penandatanganan perjanjian kerja sama proyek KPBU pengembangan Proving Ground Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) Bekasi Provinsi Jawa Barat secara virtual, Senin (31/10/2022). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Yanuar Riezqi Yovanda 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Penandatanganan perjanjian kerja sama proyek KPBU pengembangan Proving Ground Balai Pengujian Laik Jalan dan Sertifikasi Kendaraan Bermotor (BPLJSKB) di Bekasi, Jawa Barat dilakukan hari ini. 

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, Proving Ground atau fasilitas uji kendaraan outdoor untuk memenuhi kebutuhan nasional dan internasional tersebut siap beroperasi November 2023. 

"Kita akan ground breaking bulan ini dan November tahun depan sudah mulai operasi. Semoga bisa dilaksanakan," ujarnya di Jakarta, Senin (31/10/2022). 

Budi mengungkapkan, proyek Proving Ground sudah dimulai sejak tiga tahun lalu atau sejak 2019. 

"Kita memanjatkan syukur, proyek Proving Ground yang sudah 3 tahun kita upayakan, akhirnya berhasil sebagai balai ujian laik jalan dan sertifikasi kendaraan bermotor," kata Budi.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada Pak Presiden yang memberikan satu dukungan bagi proyek KPBU, dan kepada Bu menteri keuangan yang selalu memberikan kesempatan melakukan kegiatan pembiayaan kreatif," ujarnya.

Baca juga: Pengamat Menduga Pungli Uji KIR ODOL Sampai Rp 4 Juta Per Kendaraan

BERITA REKOMENDASI

Pada tempat sama, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Hendro Sugiatno menambahkan, selain meningkatkan standar keselamatan kendaraan bermotor untuk kebutuhan nasional maupun internasional, proyek ini juga dapat menjaga kualitas udara melalui pengendalian tingkat emisi, sehingga meningkatkan perlindungan lingkungan. 

Baca juga: Penyebab Kecelakaan Masih Diinvestigasi, Kemenhub Sebut Bus Sri Padma Kencana Telat Uji KIR

"Kemudian, menerapkan standarisasi pengujian kendaraan bermotor dengan mengikuti UNR atau standar United Nations Regulation, sehingga dapat mendorong perkembangan industri otomotif di Indonesia," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas