Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Dorong Kesetaraan Gender, 14 Perusahaan Terima Penghargaan dari UN Women

IBCWE adalah koalisi perusahaan yang berkomitmen untuk mempromosikan pemberdayaan ekonomi perempuan dan kesetaraan gender.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Muhammad Zulfikar
zoom-in Dorong Kesetaraan Gender, 14 Perusahaan Terima Penghargaan dari UN Women
ist
Direktur Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE) Maya Juwita. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Choirul Arifin 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - UN Women, badan di Perserikatan Bangsa-Bangsa yang aktif mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan baru saja mengumumkan pemenang dari 2022 Indonesia Women’s Empowerment Principles (WEPs) Awards.

Ada 14 perusahaan dan pemimpin usaha menerima penghargaan atas upaya mereka dalam mendorong kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan di tempat kerja, marketplace, dan komunitas.

Para pemenang 2022 Indonesia WEPs Awards di kategori Leadership Commitment: Emma Sri Martini, Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero), kemudian di kategori Gender-Inclusive Workplace adalah PT Amartha Mikro Fintek.

Baca juga: Rekomendasi B20 WiBAC, Penguatan Peran Perempuan Lewat Kesetaraan Gender

Berikutnya, di kategori Gender-Responsive Marketplace adalah PT AMAAN Indonesia Sejahtera, lalu kategori Community Engagement and Partnerships, Think.Web dan di kategori Transparency and Reporting, Evermos.

Tahun ini, UN Women menerima 100 permohonan kandidat yang datang dari sektor swasta, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Pemenang penghargaan diseleksi melalui proses menyeluruh dengan penilaian dari panel juri yang terdiri dari ahli independen.

WEPs Awards tahun ini diselenggarakan bersama Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE) dan didukung oleh Investing in Women dan merupakan WEPs Awards pertama yang diselenggarakan secara offline.

BERITA REKOMENDASI

IBCWE adalah koalisi perusahaan yang berkomitmen untuk mempromosikan pemberdayaan ekonomi perempuan dan kesetaraan gender.

WEPs Awards diinisiasi oleh program UN Women, WeEmpower Asia yang didanai oleh Uni Eropa, yang bertujuan untuk meningkatkan kepemimpinan dan partisipasi perempuan di dunia usaha. Selama tiga tahun terakhir, 167 perusahaan di Indonesia telah bergabung menjadi penandatangan WEPs.

Baca juga: Dorong Perekonomian Global, Unilever Tegaskan Prinsip Kesetaraan Gender dalam B20 Indonesia Summit

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Bintang Puspayoga menyatakan dukungannya dalam mendorong kesetaraan gender di dunia usaha.

Menurutnya, jika semakin banyaknya perusahaan yang menerapkan Prinsip-prinsip Pemberdayaan Perempuan di perusahaan, kita bisa meningkatkan partisipasi perempuan di tempat kerja, menutup kesenjangan upah, mempercepat pemulihan ekonomi pasca pandemi.

Selain itu, juga memudahkan terwujudnya agenda kesetaraan gender.

Duta Besar Australia untuk Indonesia, Penny Williams PSM menegaskan, Pemerintah Australia berkomitmen mendorong kesetaraan gender.

"Melalui program Investing in Women, kami bangga dapat mendukung Women’s Empowerment Principles Awards, untuk mengapresiasi upaya yang dilakukan perusahaan dalam meningkatkan kesempatan bagi perempuan,” ujarnya.

Baca juga: Pertemuan W20 di Bali Hasilkan Empat Isu Utama, Kesetaraan Gender Hingga UMKM Dipimpin Perempuan

Direktur Eksekutif IBCWE Maya Juwita menekankan pentingnya membangun lingkungan yang mendukung percepatan pemberdayaan perempuan.

Dia mengatakan, tantangan yang dihadapi terutama oleh perempuan selama ini adalah beban kerja ganda, berkontribusi terhadap kesempatan yang tidak setara. Lingkungan yang inklusif dapat membantu mendorong level playing field dan memastikan talenta perempuan dapat berkembang.

Pemenang WEPs Awards Nasional akan melaju ke tahap selanjutnya dan bersaing dengan perusahaan lain di seluruh wilayah Asia Pasifik, untuk merebut pemenang regional yang akan diumumkan pada 23 November 2022.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas