Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Antisipasi Arus Kendaraan saat Natal dan Tahun Baru, Tol Japek II Selatan Bakal Dibuka

Jasa Marga akan membuka jalur fungsional di jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan saat masa libur Natal dan Tahun Baru

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Sanusi
zoom-in Antisipasi Arus Kendaraan saat Natal dan Tahun Baru, Tol Japek II Selatan Bakal Dibuka
Endrapta Pramudhiaz
Jalur fungsional di jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan dari arah Bandung ke Jakarta yang dibuka saat arus balik masa libur natal dan tahun baru (Nataru) 2022/2023. 

TRIBUNNEWS.COM, PURWAKARTA - Jasa Marga akan membuka jalur fungsional di jalan tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan saat masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2023. Pembukaan jalur fungsional merupakan upaya mengantisipasi arus kendaraan dari Bandung menuju Jakarta.

Ruas tol Japek II Selatan yang akan dibuka dimulai dari Sadang, tepatnya KM 77 lalu diakhiri di Kutanegara. Totalnya sepanjang 8,5 kilometer. Jalur fungsional ini diperuntukkan hanya bagi kendaraan golongan satu, yaitu sedan dan minibus.

Baca juga: Tak Ada Pembatasan Perayaan Nataru 2023, Polri Siagakan 166 Ribu Personel untuk Pengamanan

"Jalur fungsional ini khusus golongan satu dan diprioritaskan untuk kendaraan arus balik liburan Nataru. Dari arah Bandung ke Jakarta," kata Direktur Utama PT Jasamarga Japek Selatan (JSS) Charles Lendra kepada awak media di gerbang tol Kutanegara, Purwakarta, Jumat (16/12/2022).




Pembukaan jalur fungsional ini sangat bergantung pada ruas Japek yang sudah beroperasi. Apabila ada kepadatan di sekitar Dawuan dan gerbang tol Kalihurip Utama, Charles menyebut jalur fungsional ini baru akan digunakan.

"Jalur fungsional dapat digunakan, tapi tetap atas keputusan kepolisian. Dalam hal ini Korlantas Polri," katanya.

Dalam kesempatan sama, Corporate Communication and Community Development Group Head Jasa Marga Lisye Octaviana mengatakan pihaknya akan terus berkoordinasi bersama pihak kepolisian.

Mengenai kesiapan, Lisye berujar jalur fungsional ini sudah siap digunakan pada pekan depan.

Baca juga: Kapolri Ungkap Anggota Berlakukan Ganjil Genap Hingga One Way Secara Situasional saat Libur Nataru

BERITA TERKAIT

Namun, jalur fungsional ini memang hanya akan digunakan saat arus balik mudik Nataru 2023.

"Sesuai prediksi kami, arus balik dari Bandung menuju Jakarta kalau natal itu tanggal 25 Desember 2022, sedangkan tahun baru itu tanggal 1 Januari 2023," ujar Lisye.

Direktur Utama PT Jasa Marga Japek Selatan (JSS) Charles Lendra mengatakan jalur fungsional ini dapat dilewati 2.900 kendaraan.

Baca juga: Puan Maharani Minta TNI/Polri Jaga Keamanan Jelang Libur Nataru

"Kalau dibuka seharian, sekitar 2.900. Tapi, nanti kalau dilakukan situasional, buka tutup, tidak sampai 2.900," ujarnya.

Perihal kebijakan buka tutup Lisye Octaviana menyebut pihaknya akan berkoordinasi bersama tim di command center guna memastikan jalur-jalur yang terintegrasi. Lalu, mereka akan berkoordinasi bersama pihak kepolisian mengenai kondisi di lapangan.

"Baru di situ nanti akan ada evaluasi, apakah akan ada buka tutup atau tidak," kata Lisye.

Ia berujar Jasa Marga akan memberikan informasi mengenai buka tutup tersebut melalui channel-nya serta media sosial resmi. "Pengguna jalan juga bisa kontak ke call center Jasa Marga di 14080," ujar Lisye.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas