Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kadin Indonesia dan Australia Barat Teken Kerja Sama Penyediaan Mineral Kritis untuk Industri EV

Indonesia dan Australia Barat memiliki kekayaan mineral yang melimpah untuk memproduksi baterai EV yang sangat dicari.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Kadin Indonesia dan Australia Barat Teken Kerja Sama Penyediaan Mineral Kritis untuk Industri EV
HO
Penandatanganan MoU penyediaan mineral kritik untuk kebutuhan industri kendaraan listrik antara Kadin Indonesia dan Pemerintah Australia Barat, di Perth, Australia. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, PERTH - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia dan Pemerintah Australia Barat menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) untuk mengeksplorasi peluang kerja sama di bidang penyediaan mineral kritis untuk industri baterai dan kendaraan listrik (EV) yang kini berkembang pesat.

Penandatanganan MoU dilakukan pada 21 Februari di Perth, Australia Barat, sebagai tindak lanjut dari komitmen yang dibuat selama B20/G20 pada November 2022.

Industri baterai dan kendaraan listrik (EV) yang berkembang pesat didorong oleh meningkatnya perhatian terhadap perubahan iklim, teknologi transportasi yang baru, dan energi terbarukan. Kemitraan antara Australia Barat dan Indonesia dapat membuka peluang besar di sektor ini.

Baca juga: Holding BUMN Tambang Berperan Penting di Hilirisasi Bahan Mineral

Indonesia dan Australia Barat memiliki kekayaan mineral yang melimpah untuk memproduksi baterai EV yang sangat dicari.

Australia dikenal sebagai sebagai pemasok utama lithium, sementara Indonesia sebagai produsen terbesar di dunia untuk nikel, yang merupakan komponen vital dalam baterai EV.

Kedua negara memiliki cadangan mineral yang cukup penting untuk produksi baterai, dengan potensi saling melengkapi untuk mewujudkan kerja sama yang saling menguntungkan.

BERITA TERKAIT

Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kadin Indonesia menilai sinergi kedua negara dalam pengembangan industri baterai akan meningkatkan daya saing Indonesia dalam pasar global dan menciptakan lapangan kerja baru untuk masyarakat Indonesia.

"Kita harus memanfaatkan kesempatan ini untuk bersama-sama mengembangkan pabrik manufaktur baterai di Indonesia dengan memanfaatkan lithium Australia dan investasi yang menguntungkan, sehingga dapat merealisasikan potensi cadangan nikel Indonesia dan tenaga kerja yang melimpah," kata Arsjad.

"Kemitraan strategis antara Kadin Indonesia dan Pemerintah Australia Barat merupakan tonggak penting untuk mewujudkan ambisi membangun ‘pusat produksi' atau kekuatan utama di industri kendaraan listrik. Kami sangat antusias untuk bekerja sama dengan Pemerintah Australia Barat untuk mencapai tujuan bersama dan mengeksplorasi peluang pengembangan industri mineral kritis dan baterai yang memiliki nilai tambah," ujar Arsjad.

MoU ini mencakup upaya mempromosikan investasi dan kerja sama untuk kepentingan bersama Australia Barat dan Indonesia, terutama dalam mengoptimalkan peluang untuk mengembangkan mineral kritis dan industri baterai dengan nilai tambah yang tinggi.

Australia Barat dan Indonesia memiliki sejarah kerja sama di sektor sumber daya, dengan beberapa perusahaan tambang Indonesia beroperasi di Australia Barat dan perusahaan-perusahaan Australia Barat melakukan investasi di sektor pertambangan Indonesia.

Dalam kerja sama ini Kadin Indonesia dan Pemerintah Australia Barat akan menjalin kemitraan industri dalam rantai pasok mineral penting di kedua wilayah, serta berbagi informasi tentang pembaruan hukum atau peraturan.

MoU ini diharapkan dapat mempercepat kerja sama dan mendorong pengembangan industri baterai dan EV global.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas