Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Dukung Regulasi OJK, Teknologi Fraud Detection System Cegah Penipuan di Perbankan

Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dari solusi anti-fraud adalah kemampuan mengolah data.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Dukung Regulasi OJK, Teknologi Fraud Detection System Cegah Penipuan di Perbankan
HO
CEO dan Product Creator Paques, Benni Adham. 

Laporan Wartawan, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Praktik penipuan dan penyelewengan (fraud) kini menjadi agenda besar industri perbankan untuk diperangi karena sangat merugikan nasabah dan citra industri perbankan sendiri.

Terkait ini, Otoritas Jasa Keuangan atau OJK sudah menerbitkan peraturan OJK Nomor 39/POJK.03/2019 mengenai penerapan strategi anti-fraud.

Industri teknologi keamanan juga merespon upaya ini antara lain seperti dilakukan Paques, perusahaan penyedia solusi big data analitik buatan Indonesia, dengan menggulirkan Paques Fraud Detection System.

Baca juga: OJK Jalankan Operasi Intelijen Pasar, Ada Temuan di Sektor Asuransi

Teknologi ini diperkenalkan di gelaran tahunan diskusi komprehensif Paques Data Day pada Selasa, 14 Maret 2023 di Jakarta.

CEO dan Product Creator Paques, Benni Adham dalam paparannya menjelaskan, salah satu faktor yang menentukan keberhasilan dari solusi anti-fraud adalah kemampuan mengolah data dan informasi dari banyak transaksi.

Selain mampu mengolah data transaksi yang masif, solusi Paques Fraud Detection System (FDS) ini memiliki kemampuan untuk terus beradaptasi terhadap pola ancaman penipuan yang kerap berubah dalam mencari target baru.

BERITA REKOMENDASI

"Sehingga, dengan solusi yang dibangun di atas platform big data ini, menjadi salah satu kekuatan Paques FDS dalam mengantisipasi dinamika kebutuhan customers yang terus berkembang,” ujar Benni.

Salah satu bank yang sudah menggunakan platform FDS adalah PT Bank Victoria International Tbk untuk mencegah terjadinya penipuan dan penyelewengan yang sejalan dengan peraturan OJK Nomor 39/POJK.03/2019 mengenai penerapan strategi anti-fraud.

Muhammad Rakhmadhani, Chief of Change Management Office PT Bank Victoria International Tbk, mengatakan, pihaknya saat ini mengembangkan digitalisasi perbankan demi peningkatan produk dan layanan untuk bisa bersaing di pasar.

Salah satu strateginya dengan membuka API di luar layanan bank konvensional, sehingga banyak transaksi yang terjadi di beberapa platform digital yaitu e-commerce dan layanan lain.

"Ini menjadi tantangan untuk Bank Victoria dalam melakukan analisa prediktif ataupun preventif dalam menemukan fraudulent activities yang bisa terjadi kapan pun," ungkapnya.

Dengan Paques Fraud Detection System pihaknya dapat menganalisa semua transaksi dengan cepat dan mudah dan mampu memenuhi regulasi penerapan strategi anti-fraud.

Direktur Perdagangan Melalui Sistem Elektronik dan Perdagangan Jasa Kementerian Perdagangan RI Rifan Ardianto di tempat sana memberikan pemaparan terkait pemanfaatan big data analitik, serta implementasi Paques di institusi antara lain di Pusat Data dan Informasi Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas