Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

BRI Layani Penukaran Uang Baru di 391 Kantor Cabang Selama Ramadan, Maksimal Rp3,8 Juta per Orang

Andrijanto juga menekankan, layanan ini dapat dimanfaatkan seluruh nasabah BRI di Indonesia disesuaikan dengan jumlah uang yang ditukarkan.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in BRI Layani Penukaran Uang Baru di 391 Kantor Cabang Selama Ramadan, Maksimal Rp3,8 Juta per Orang
Tribun Jabar/GANI KURNIAWAN
Ilustrasi: Dua petugas teller memperlihatkan uang baru pecahan kecil di mobil layanan penukaran uang milik salah satu bank di halaman Kantor BI Jabar, Jalan Braga, Kota Bandung, Jawa Barat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI siap melayani masyarakat yang hendak menukarkan uang baru untuk keperluan periode Ramadhan-Idul Fitri 2023.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI, Andrijanto mengatakan, pihaknya mengerahkan 391 kantor cabang-nya di seluruh Indonesia mulai tanggal 27 Maret hingga 20 April 2023.

Di antara jumlah tersebut, khusus di wilayah Jabodetabek masyarakat dapat menukarkan di 20 Kantor Cabang.

Baca juga: Simak Manfaat dan Syarat Mendapatkan KUR Bank Mandiri

Di antaranya seperti Bogor Dewi Sartika, BSD, Cikampek, Jakarta Cut Mutiah, Bekasi, Depok, Jatinegara, Jakarta Kota, Kalideres, Kalimalang, Karawang, Kramat Jati, Kebayoran Baru, dan Pasar Minggu.

Andrijanto juga menekankan, layanan ini dapat dimanfaatkan seluruh nasabah BRI di Indonesia disesuaikan dengan jumlah uang yang ditukarkan.

“Masyarakat dapat menukarkan uang pada periode 27 Maret hingga 20 April 2023 dengan jumlah maksimal penukaran per orang sebesar Rp3,8 juta,” ucap Andrijanto dalam pernyataannya kepada Tribunnews, Jumat (24/3/2023).

BERITA TERKAIT

Bukan hanya dari kantor cabang, BRI juga akan memberikan pelayanan penukaran uang melalui kas keliling terpadu di Masjid Hasyim Asy’ari, Jakarta Barat pada 3–14 April 2023.

Selain itu, BRI juga menyediakan penukaran uang melalui kas keliling dan mobil ATM di rest area Km 57 Jakarta-Cikampek pada periode 15-19 April 2023.

Di sisi lain, mulai tahun ini layanan penukaran uang BRI juga direncanakan untuk masyarakat di Kepulauan Seribu melalui Teras Kapal BRI Bahtera Seva I.

“BRI berkomitmen memberikan layanan perbankan terbaik bagi masyarakat, pada saat momen ramadan dan lebaran tahun 2023. Secara nasional, BRI memiliki 250 ribu lebih jaringan kerja e-channel berupa mesin ATM, CRM dan CDM yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dalam bertransaksi,” pungkasnya.

Sebagai tambahan informasi, layanan tukar uang BRI sejalan dengan digelarnya kegiatan Bank Indonesia Semarak Rupiah Ramadhan dan Berkah Idul Fitri (SERAMBI) 2023.

Kegiatan yang dilakukan Bank Indonesia (BI) bekerja sama dengan perbankan menyediakan layanan penukaran uang di 5.066 titik layanan penukaran di bank yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Hal ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat menyambut bulan suci Ramadan dan Idulfitri 1444 H, yakni mulai tanggal 27 Maret 2023 sampai dengan 20 April 2023.

Baca juga: BRI Terkoneksi SIPD, Mudahkan Pengelolaan Transaksi Keuangan dan Dukung Digitalisasi Keuangan Daerah

Direktur Eksekutif Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono mengatakan, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, Bank Indonesia menyiapkan uang tunai sebesar Rp195 triliun.

Angka tersebut naik 8,22 persen dari realisasi tahun 2022 dengan 5.066 titik layanan penukaran uang, bertambah 377 titik dari tahun sebelumnya.

"Antisipasi kenaikan ini mempertimbangkan pencabutan status Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik serta peningkatan mobilisasi masyarakat," ucap Erwin dalam keterangannya, dikutip Jumat (24/3/2023).

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas