Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Angkasa Pura II Siagakan 9.319 Personel Saat Periode Mudik Angkutan Lebaran 2023

Kesiapan personel dan fasilitas untuk menjaga aspek operasional, pelayanan, keamanan dan keselamatan dalam periode tersibuk di sepanjang tahun ini.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Angkasa Pura II Siagakan 9.319 Personel Saat Periode Mudik Angkutan Lebaran 2023
Tribunnews.com/Dewi Agustina
Ilustrasi. PT Angkasa Pura II, mengerahkan sebanyak 9.319 personel di 20 bandara yang dikelola AP II untuk menghadapi mudik Angkutan Lebaran (Angleb) 2023. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Angkasa Pura II, mengerahkan sebanyak 9.319 personel di 20 bandara yang dikelola AP II untuk menghadapi mudik Angkutan Lebaran (Angleb) 2023.

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, kecukupan personel, fasilitas dan infrastruktur menjadi aspek penting dalam memastikan kelancaran Angleb 2023 di bandara AP II.

"Terkait personel, AP II pada Angleb 2023 menyiagakan 9.319 personel di 20 bandara yang terdiri dari personel di bidang operasional, pelayanan dan teknik, termasuk juga dukungan BKO TNI dan Polri," ujar Awaluddin dalam keterangannya, Kamis (13/4/2023).

Baca juga: Sibuk Urus Angkutan Lebaran, Bos Angkasa Pura II Curhat Seluruh Direksi Tak Bisa Ambil Cuti

Awaluddin menyampaikan, per tanggal 12 April kemarin, AP II telah fokus mendukung kelancaran Angleb sesuai dengan Instruksi Dirjen Perhubungan Udara Nomor IR 1 Tahun 2023 tentang Penyelenggaraan Angkutan Udara Lebaran Tahun 2023.

"Sesuai instruksi tersebut, bandara AP II antara lain akan melakukan penyesuaian jam operasional dan kapasitas slot time penerbangan berdasarkan evaluasi dan koordinasi bersama seluruh stakeholder," tutur dia.

Kata Awaluddin, hal tersebut juga sejalan dengan Instruksi Dirjen Perhubungan Udara. Untuk itu, AP II memastikan kesiapan personel dan operasional bandara lebih aman.

BERITA REKOMENDASI

"Kesiapan personel dan fasilitas untuk menjaga aspek operasional, pelayanan, keamanan dan keselamatan dalam periode tersibuk di sepanjang tahun ini," jelasnya.

Di sisi lain, Awaludin menekankan penyelenggaraan Angleb pada tahun ini berbeda dengan tiga tahun terakhir. Hal itu dilihat dari pergerakan penumpang pesawat di 20 bandara AP II mencapai 5,25 juta orang.

Kata dia, nilai tersebut naik 25,4 persen dibandingkan dengan periode mudik angkutan lebaran tahun 2022 lalu.

"Sementara itu, pergerakan pesawat mencapai 36.000 penerbangan atau naik 11 persen. Peningkatan-peningkatan ini harus dapat dikelola dengan baik oleh bandara AP II untuk memastikan Mudik Aman Berkesan," tegasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas