Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Serikat Nelayan NU dan Gisli Sepakat Bentuk Indonesia Fisherman Crisis Center untuk Perkuat Nelayan

Kerja sama ini akan menciptakan peluang bagi SNNU dan GISLI dalam mengembangkan program yang berbasis pendekatan komunitas.

Penulis: Malvyandie Haryadi
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Serikat Nelayan NU dan Gisli Sepakat Bentuk Indonesia Fisherman Crisis Center untuk Perkuat Nelayan
HO
Bertepatan dengan peringatan Hari Nelayan Nasional 6 April lalu, Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (SNNU) kembali membuat terobosan. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bertepatan dengan peringatan Hari Nelayan Nasional 6 April lalu, Serikat Nelayan Nahdlatul Ulama (SNNU) kembali membuat terobosan.

Badan otonom NU itu menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Gerakan Ingat Selamat Layar Indonesia (GISLI) untuk mendirikan Indonesia Fisherman Crisis Center (IFCC) atau Pusat Krisis Nelayan Indonesia.

Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Nelayan Nusantara juga turut serta dalam penandatanganan MoU itu.

Perwakilan GISLI Irjen Pol (Purn) Mudji Waluyo mengatakan IFCC itu bertujuan memperkuat ketahanan warga nelayan dan masyarakat pesisir terhadap masalah-masalah kelautan.

Baca juga: Komunitas Nelayan Pesisir Berikan Bantuan Bibit Lele ke Pembudi Daya Ikan di Cianjur

”MoU ini tentu sangat menguntungkan warga nelayan dan masyarakat pesisir,” kata Mudji, Kamis (13/4/2023).

Dalam MoU itu yang ditandatangani di Jakarta tersebut, GISLI dan SNNU sepakat untuk bekerja sama meningkatkan kebijakan, peraturan dan program yang berkaitan dengan hak-hak ekonomi, sosial dan budaya warga nelayan dan masyarakat pesisir.

Termasuk rencana pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan dan melindungi hak-hak mereka secara hukum.

BERITA TERKAIT

Kerja sama ini akan menciptakan peluang bagi SNNU dan GISLI dalam mengembangkan program yang berbasis pendekatan komunitas.

IFCC juga bisa memfasilitasi partisipasi warga lokal dalam pengelolaan SDA.

Program pusat krisis nelayan Indonesia ini akan mendukung warga nelayan dan masyarakat pesisir dalam meningkatkan produksi perikanan yang berkelanjutan, peningkatan partisipasi mereka dalam pasar internasional, serta penanganan dampak perubahan iklim yang tengah dihadapi.

Bendahara Umum SNNU Jadug Trimulyo berharap IFCC dapat menjadi titik tolak bagi berbagai inisiatif dan proyek penting lainnya yang mengoptimalkan potensi warga nelayan dan masyarakat pesisir di Indonesia. ”Tentunya kami berharap kerja sama ini dapat meningkatkan kesejahteraan nelayan dan masyarakat pesisir,” ujarnya. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas