Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Persiapan One Way saat Arus Balik, Polri Mulai Sterilisasi Tol Kalikangkung-Cikampek

Korlantas Polri mulai melakukan sterilisasi di ruas Tol Kalikangkung hingga Tol Cikampek menjelang penerapan skema one way siang ini pukul 14.00 WIB.

Penulis: Abdi Ryanda Shakti
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Persiapan One Way saat Arus Balik, Polri Mulai Sterilisasi Tol Kalikangkung-Cikampek
Tribunnews.com/Naufal Lanten
Arus Lalu Lintas Tol Cipali Km 73, Senin (9/5/2022) siang. Korlantas Polri mulai melakukan sterilisasi di ruas Tol Kalikangkung hingga Tol Cikampek menjelang penerapan skema one way siang ini pukul 14.00 WIB, Senin, 24 April 2023. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdi Ryanda Shakti

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Korlantas Polri mulai melakukan sterilisasi di ruas Tol Kalikangkung hingga Tol Cikampek menjelang penerapan skema one way siang ini pukul 14.00 WIB, Senin, 24 April 2023.

Kabagops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi mengatakan sterilisasi dilakukan dari arah Jawa Barat menuju Jawa Tengah.




"Pembersihan jalur one way dari KM 414 sampai dengan KM 70 Cikampek dimulai pukul 12.00 sampai dengan 14.00 WIB," kata Eddy kepada wartawan, Senin (24/4/2023).

Setelah sterilisasi selesai dilakukan, lanjut Eddy, pihaknya akan langsung melakukan skema one way tersebut hingga selesai.

Selain one way, Eddy mengatakan pihaknya juga akan memberlakukan sistem ganjil-genap untuk mengantisipasi kepadatan di ruas tol Transjawa.

Untuk itu, Eddy mengimbau kepada pemudik untuk bisa menyesuaikan pelat kendaraannya dengan tanggal hari ini.

BERITA TERKAIT

"Kepada pemudik yang akan balik mengikuti one way agar menyesuaikan tanggal dan Nomor TNKB (Plat Nomor)," jelasnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan, sebanyak 200 ribu lebih kendaraan akan kembali ke Jakarta dalam momen arus balik lebaran IdulFitri 1444 Hijriah.

Baca juga: One Way Akan Diberlakukan Siang Ini Mulai dari GT Kalikangkung Pukul 14.00 WIB

Muhadjir menyebut, puncak arus balik itu akan terjadi pada tanggal 24 dan 25 April 2023, dominan para masyarakat yang mudik dari arah Jawa.

"PT Jasamarga memprediksi ada 203 ribu kendaraan melakukan perjalanan pada tanggal 24 dan 25 April 2023 menuju Jakarta dan sekitarnya," kaya Muhadjir saat konferensi pers secara daring bersama Menhub Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo, Minggu (23/4/2023).

Atas kondisi ini, Muhadjir meminta kepada masyarakat yang dirasa tidak memiliki keperluan mendesak, untuk senantiasa menunda rencana balik ke Jakarta.

Baca juga: Diskon Tarif Tol 20 Persen Juga Berlaku Terusan dari Semarang Sampai Jakarta, Ini Rinciannya

Hal itu dirasa penting, untuk menghindari adanya penumpukan kendaraan di sebagian besar ruas jalan tol.

"Untuk mengantisipasi penumpukan pada saat arus balik pada 25 April 2023," kata dia.

Tak hanya itu, Menko Muhadjir juga menyampaikan, pemerintah bersama para pengelola jalan tol telah melakukan pembahasan untuk memberikan potongan harga agar masyarakat mau menunda perjalanan baliknya.

Baca juga: Selama 3 Hari Arus Balik, Tarif Tol Ini Akan Didiskon 20 Persen, Berikut Rincian Ruas dan Jadwalnya

Adapun rencana nya, pemudik akan mendapatkan potongan harga, jika melintas ruas jalan tol Semarang-Jakarta pada tanggal 27-30 April sebesar 20 persen.

"Saya mengapresiasi inisiatif yang telah dilakukan oleh Jasamarga dan seluruh operator jalan tol dengan memberikan diskon 20 persen untuk ruas jalan tol Semarang-Jakarta," tukas Muhadjir.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas