Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Penerbangan Lion Air dari Palembang ke Tiga Wilayah Delay, Manajemen: Akibat Cuaca Kurang Baik

Pesawat yang melayani rute Pangkalpinang ke Tanjung Pandan harus kembali ke Pangkalpinang karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk pendaratan.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Penerbangan Lion Air dari Palembang ke Tiga Wilayah Delay, Manajemen: Akibat Cuaca Kurang Baik
BOEING/Paul C Gordon
Ilustrasi. Lion Air Grup menyatakan, keterlambatan penerbangan dari Palembang menuju tiga rute yakni Surabaya, Batam dan Jakarta disebabkan kondisi cuaca yang buruk. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Lion Air Grup menyatakan, keterlambatan penerbangan dari Palembang menuju tiga rute yakni Surabaya, Batam dan Jakarta disebabkan kondisi cuaca yang buruk.

Corporate Communications Strategic of Lion Air, Danang Mandala Prihantoro mengatakan, Lion Air Group meminta maaf atas keterlambatan penerbangan yang terjadi pada Selasa (2/5/2023).

Dia mengaku, keputusan menunda keberangkatan itu dilakukan sebagai upaya memprioritaskan keselamatan, keamanan, dan kenyamanan penumpang, terhadap kondisi cuaca dan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi operasional penerbangan.

Baca juga: Penumpang di Hang Nadim Ngamuk karena Delay, Lion Air Minta Maaf dan Beberkan Penyebabnya

"Gangguan disebabkan dampak cuaca kurang baik di Tanjung Pandan (TJQ), yang mempengaruhi operasional penerbangan. Pesawat yang melayani rute Pangkalpinang ke Tanjung Pandan harus kembali ke Pangkalpinang karena kondisi yang tidak memungkinkan untuk pendaratan dengan jarak pandang pendek," kata Danang dalam keterangannya, Rabu (3/5/2023).

Kemudian, Danang mengatakan, keterlambatan itu terjadi lantaran adanya pemeriksaan atau perawatan tambahan yang dilakukan pada pesawat secara tidak terjadwal.

Hal itu dilakukan di Jakarta dan Pangkalpinang, sebagai bagian dari upaya memastikan bahwa pesawat selalu dalam kondisi baik dan siap terbang dengan aman.

BERITA REKOMENDASI

"Namun, hal ini membutuhkan waktu signifikan. Dampaknya mempengaruhi rotasi penerbangan berikutnya, yaitu rute Jakarta (CGK) – Palembang (PLM) - Batam (BTH) – Palembang (PLM) – Jakarta (CGK)," ujarnya.

Danang menuturkan, penerbangan dari Pangkalpinang dan Batam menuju Palembang terlambat tiba, sehingga pesawat yang sudah ada di Palembang harus menunggu beberapa penumpang yang melakukan transit.

"Hal ini berdampak pada keterlambatan penerbangan rute Palembang (PLM) menuju Jakarta (CGK) dan Palembang (PLM) ke Surabaya (SUB)," ucap dia.

Dia mengaku, Lion Air sudah memberikan kompensasi berdasarkan ketentuan yang berlaku, sebagai bagian memastikan setiap penumpang mendapatkan perhatian secara tepat.

Kata dia, atas hal tersebut, Lion Air telah menerbangkan penumpang dengan aman dan nyaman menggunakan jadwal terbaru di hari yang sama pada Selasa (2/5/2023).

"Tujuan penerbangan, Surabaya, nomor penerbangan JT-857 mengudara pukul 19.57 WIB. Batam, nomor penerbangan JT-248 mengudara pukul 20.33 WIB dan Jakarta, nomor penerbangan JT-339 mengudara pukul 20.51 WIB," paparnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas