Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Visi Indonesia Emas 2045, Pendapatan per Kapita Setara Negara Maju hingga Kemiskinan Nol Persen

Indonesia akan didorong memiliki pendapatan nasional bruto (gross national income/GNI) per kapita sebesar 30.300 dolar AS pada 2045.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Visi Indonesia Emas 2045, Pendapatan per Kapita Setara Negara Maju hingga Kemiskinan Nol Persen
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Suasana gedung perkantoran di Jakarta, Kamis (9/3/2023). Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa mengatakan, Pemerintah menargetkan investasi tumbuh sebesar 6,2 hingga 7 persen pada 2024. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah melalui Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) membidik setidaknya 5 visi menuju Indonesia Emas 2045.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengungkapkan, pertama, ditargetkan pendapatan per kapita setara nega maju.




Ia menjelaskan lebih detail, Indonesia akan didorong memiliki pendapatan nasional bruto (gross national income/GNI) per kapita sebesar 30.300 dolar AS pada 2045.

Baca juga: Tingkatkan Kontribusi Menuju Indonesia Emas, Bank DKI Perluas Akses Pendanaan Digital

Angka ini meningkat dibandingkan tahun 2025 yang diprediksi akan menyentuh angka 5.550 dolar AS.

Kemudian kontribusi produk domestik bruto (PDB) maritim pada 2045 sebesar 17,5 persen, dan kontribusi PDB industri sebesar 28 persen.

Untuk sasaran visi kedua yakni menekan kemiskinan ke angka 0 persen dan ketimpangan berkurang.

BERITA TERKAIT

"Kemiskinan akan kita tekan. Dan yang paling penting adalah Rasio GINI yang menggambarkan apakah kita sudah berbagi dengan adil," ucap Suharso dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) dalam rangka Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2025-2045, Senin (22/5/2023).

Sasaran visi ketiga, lanjut Suharso, menjadikan kepemimpinan dan pengaruh Indonesia di dunia internasional meningkat. Yakni dilihat berdasarkan Global Power Index yang diharapkan Indonesia masuk ke dalam daftar 15 besar.

Dan untuk visi keempat dan kelima, mendorong daya saing sumber daya manusia meningkat, dan menjadikan intensitas emisi Gas Rumah Kaca dapat ditekan menuju Net Zero Emission.

Untuk mencapai sasaran visi tersebut, Indonesia memiliki Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) terbaru, yakni RPJPN 2025-2045 yang mengusung visi Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan.

RPJPN 2025-2045 menuangkan target dan sasaran pembangunan menujui Indonesia Emas 2045.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Ekonomi Kementerian PPN/Bappenas Amalia Adininggar Widyasanti memaparkan, Indonesia Emas 2045 dicapai dengan tiga upaya transformasi.

Yaitu transformasi sosial, transformasi ekonomi, dan transformasi tata kelola di setiap wilayah Indonesia.

"RPJPN 2025-2045 akan menjadi pedoman bagi penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional 2025-2029, Rencana Kerja Pemerintah, serta dijabarkan sebagai pedoman Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara," ujar Amalia.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas