Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Alokasi Dana Desa Tidak Perlu Disamaratakan, Kepala Bappenas: Sesuaikan dengan Kondisi

Bappenas menyatakan penyaluran alokasi dana desa tidak perlu sama besarannya pada setiap desa karena kondisi masing-masing desa tidak sama.

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Alokasi Dana Desa Tidak Perlu Disamaratakan, Kepala Bappenas: Sesuaikan dengan Kondisi
dok. Bappenas
Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa mengatakan, penyaluran alokasi dana desa tidak perlu sama besarannya pada setiap desa karena kondisi masing-masing desa tidak sama.

"Berapa besar sih persentase yang pantas di-earmark dan di non-earmark? Saya mengatakan itu seharusnya tidak perlu disamaratakan. Karena ada daerah yang memang perlu di-earmark, ada yang tidak," kata Suharso dalam rapat kerja bersama Komisi XI DPR RI, Senin (19/6/2023).




Menurut dia, besaran lokasi dana desa pada setiap desa perlu disesuaikan dengan kondisi masing-masing desa.  "Disesuaikan dengan keadaan kondisinya dan target-target nasional," ujar Suharso. 

Pernyataan Suharso tersebut untuk menanggapi kritik yang dilayangkan Wakil Ketua Komisi XI DPR RI Dolfie Othniel Frederic Palit.

Awalnya, Dolfie mengkritik bahwa dua dari lima Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik, yaitu mempercepat pembangunan daerah dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah, memiliki alokasi yang relatif kecil.

Baca juga: Demi Balik Modal saat Kampanye, Kepala Desa di Pacitan Korupsi Dana Desa hingga Rp 516 Juta

"Itu relatif kecil. Dua persen mungkin dari seluruh DAK fisik," katanya. Kemudian, ia menyebut DAK fisik dari tahun ke tahun memiliki jumlah yang terus berkurang. Banyak dialihkan untuk prioritas program nasional. 

BERITA TERKAIT

"Kita lihat DAK fisik tahun ke tahun bukan membesar. Mengecil. Sudah mengecil, direbut untuk memprioritaskan program nasional," ujar Dolfie. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas