Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Diskusi KJEJ: Media Perlu Waspada 'Black Campaign' Industri AMDK

Diskusi media mendesak media massa untuk lebih peka dalam mendeteksi black campaign yang menyasar ke pelaku industri AMDK

Penulis: Muhammad Fitrah Habibullah
Editor: Vincentius Haru Pamungkas
zoom-in Diskusi KJEJ: Media Perlu Waspada 'Black Campaign' Industri AMDK
ISTIMEWA
Ilustrasi timbunan sampah plastik dari industri AMDK. 

TRIBUNNEWS.COM - Diskusi media Klub Jurnalis Ekonomi Jakarta (KJEJ) bertema 'Menyikapi Hoax dan Negative Campaign Dalam Persaingan Bisnis AMDK' di Jakarta, Kamis (15/6/2023), mendesak media massa untuk lebih peka dalam mendeteksi black campaign. indikasi kampanye negatif ini diduga menyasar ke brand-brand air minum kemasan tertentu.

Tampil sebagai pembicara dalam diskusi, Kepala Center For Entrepreneurship, Tourism, Information and Strategy Pascasarjana Universitas Sahid, Algooth Putranto, menilai media saat ini belum maksimal dalam menyajikan berita terkait isu Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) galon, utamanya dari aspek kesehatan maupun aspek lingkungan hidup. Algooth mencontohkan masih minimnya pemberitaan yang komprehensif terkait risiko Bisfenol A (BPA) pada galon guna ulang. 

“Misalnya, jika regulator mengatakan BPA pada galon polikarbonat aman asalkan sesuai dengan kriteria Standar Nasional Indonesia (SNI), media seharusnya aktif menggali dasar pernyataan tersebut. Ini perlu dilakukan karena di Eropa dan Amerika, sejak lama sudah ada peringatan dan bahkan larangan dari otoritas keamanan pangan atas kemasan pangan yang berisiko mengandung BPA,” katanya. 

BPA adalah senyawa kimia yang dapat memicu kanker, gangguan hormonal dan kesuburan pada pria dan wanita, serta gangguan tumbuh kembang janin dan anak. Jamak digunakan sebagai bahan baku produksi galon guna ulang, senyawa tersebut diketahui mudah luruh dari kemasan galon dan rawan terminum oleh konsumen hingga ke level yang melebihi ambang batas aman. 

Risiko inilah yang mendorong Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) menyiapkan sebuah regulasi pelabelan risiko BPA untuk mengantisipasi dampak kesehatan publik di masa datang.

Kontribusi media dalam mengenalkan risiko BPA

Media bisa berkontribusi dalam pendidikan publik terkait risiko BPA. Algooth menekankan bahwa media bisa mengangkat sisi keekonomian produksi galon polikarbonat dengan menyajikan fakta bahwa bahan dasar galon polikarbonat sebagian besarnya impor, dengan harga US$ 4 per kilogram. 

BERITA TERKAIT

Sementara itu, untuk produksi galon dengan kemasan Polietilena Tereftalat (PET), jenis plastik yang bebas BPA, bahannya cukup tersedia di dalam negeri dengan harga hanya seperempatnya, US$ 1/Kg. 

Media juga bisa melakukan pendekatan lain dengan mengulas secara komprehensif permasalahan transportasi air minum kemasan bermerek di Indonesia. Selain itu, Algooth berharap media tuntas membuka nama produsen galon yang masih menggunakan kemasan polikarbonat yang mengandung BPA.  

“Sejauh ini, saya lihat sebagian media juga mulai berimbang memberitakan mudarat kemasan galon polikarbonat versus PET," kata Algooth.

Algooth menambahkan, “Jika merujuk pada UU No 40 Tahun 1999 tentang Pers, media harusnya tidak perlu takut karena ini kepentingan umum (pasal 3 dan pasal 6). Tentu harus diingat, ada hak jawab dan koreksi (pasal 1) yang harus dihormati media ketika ada pihak yang merasa perlu menggunakan hak tersebut.”

Menekankan hal yang sama, pakar komunikasi Akhmad Edhy Aruman menuturkan bahwa pada dasarnya tidak ada perbedaan di antara produk air minum kemasan bermerek yang beredar di pasaran. 

Menurut Edhy, brand challenger tampil dengan strategi bermain dengan kemasan selalu baru, baik pada produk kemasan botol maupun galon yang menjadi vocal point. Edhy menambahkan, fokus dari brand challenger adalah melakukan branding dengan produk yang lebih peduli kesehatan tanpa menggunakan BPA

"BPA memang bisa memperkuat kemasan plastik. Kalau plastik nggak ada BPA kemasannya jadi lembek. Yang jadi problem adalah adanya potensi peluruhan BPA pada galon polikarbonat yang bisa menimbulkan risiko kesehatan," ujar Edhy.

Bukan tanpa hasil, cara branding ini justru meningkatkan penjualan dari produk galon berbahan PET. Merujuk pada Data Asosiasi Produsen Air Minum Kemasan Nasional (Asparminas) menyebutkan volume penjualan AMDK galon bermerek meningkat 3,64 persen pada 2022 dengan total produksi mencapai 10,7 miliar liter dan penjualan Rp 9,7 triliun. 

Dari angka itu, volume penjualan galon berbahan kemasan plastik PET meningkat pesat hingga 31 persen menjadi 818 juta liter. 

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas