Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pertamina Dukung Pelaku UMKM Masuk Pasar Global Lewat UMK Academy 2023

Pertamina berkolaborasi dengan Kementerian Perdagangan guna menambah ilmu pelaku usaha tentang kegiatan ekspor.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Sanusi
zoom-in Pertamina Dukung Pelaku UMKM Masuk Pasar Global Lewat UMK Academy 2023
screenshot
Academy 2023 yang diinisiasi Pertamina 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Pertamina (Persero) mendukung Pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) masuk pasar global kian besar melalui berbagai pelatihan di program UMK Academy 2023.

VP Corporate Communications PT Pertamina (Persero) Fadjar Djoko Santoso, menjelaskan Pertamina berkolaborasi dengan Kementerian Perdagangan guna menambah ilmu pelaku usaha tentang kegiatan ekspor.

Kata Fadjar, Kemendag sebagai fasilitator perdagangan ke pasar mancanegara memiliki tenaga profesional yang dapat mengenalkan kebutuhan ekspor, serta memiliki jaringan sebagai akses UMKM untuk masuk ke pasar internasional.

Baca juga: Perbandingan Harga BBM Pertamina, Shell, BP, dan Vivo, Mana yang Paling Murah?

"Melalui pelatihan dari Kemendag ini, kami berharap para UMKM binaan Pertamina termotivasi untuk menghasilkan produk yang memiliki standar ekspor dan memahami syarat dan cara melakukan ekspor,” tuturnya dalam keterangan, Sabtu (5/8/2023).

UMK Academy 2023 merupakan program Pertamina untuk membina UMKM. Secara bertahap, kurikulum program UMK Academy adalah Go Modern, Go Digital, Go Online dan Go Global.

Sinergi dengan Kemendag ini ditujukan untuk UMKM pada tahap Go Global, dimana selama 6 bulan para UMKM mendapat peningkatan kualitas produk dan pemasaran, juga pengetahuan akan pasar ekspor.

BERITA REKOMENDASI

Fadjar menambahkan, program tersebut merupakan komitmen Pertamina mendukung UMKM 'naik kelas', sesuai dengan semangat Sustainable Development Goals (SDGs) untuk pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, serta peningkatan tenaga kerja produktif.

Baca juga: Sebagai Solusi Kebutuhan Energi, Desa Energi Berdikari Pertamina Tambah 52 Titik Lokasi di Indonesia

Salah satu fasilitator dari Pusat Pelatihan Sumber Daya Manusia, Ekspor dan Jasa Perdagangan (PPEJP) Kemendag, M. Andriza, berharap melalui pembekalan tersebut diharapkan UMKM akan lebih percaya diri dalam meniti pasar internasional.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s).

Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas