Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

ASEAN Foundation-Maybank Alokasikan Puluhan Ribu Dolar Dana Hibah di Program EYAA Cohort 3

Pada penyelenggaraan EYAA ke-3 setiap kelompok relawan pemuda dan CSO berpeluang meraih dana hibah senilai hingga 27.000 dolar AS.

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in ASEAN Foundation-Maybank Alokasikan Puluhan Ribu Dolar Dana Hibah di Program EYAA Cohort 3
HO
Seremoni pembukaan Regional Capacity Building Workshop of eMpowering Youths Across ASEAN (EYAA): Cohort 3 2023 di Bangkok, Thailand. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - ASEAN Foundation dan Maybank Foundation bersinergi menghadirkan sejumlah wirausaha sosial terpilih dari seluruh negara anggota ASEAN, 120 relawan muda serta 10 perwakilan organisasi masyarakat sipil (CSO) pada pembukaan Regional Capacity Building Workshop of eMpowering Youths Across ASEAN (EYAA): Cohort 3 2023 di Bangkok, Thailand.

Kegiatan ini merupakan bagian dari perayaan Hari ASEAN pada 8 Agustus 2023 mendatang dan diikuti anak muda berusia 19 hingga 35 tahun dari 10 negara anggota ASEAN.




Pada penyelenggaraan EYAA ke-3 setiap kelompok relawan pemuda dan CSO berpeluang meraih dana hibah senilai hingga 27.000 dolar AS untuk membiayai program komunitas yang mereka jalankan.

Baca juga: Menteri PUPR Kirim Pejabat Senior Ikuti Ilmu Coaching dari ESQ untuk Tangani ASN Milenial

Sebelum mengikuti program komunitas di lima negara ASEAN (Indonesia, Filipina, Kamboja, Malaysia dan Singapura), para relawan muda telah menjalani regional capacity building workshop pada 24-27 Juli 2023di Bangkok.

Workshop tersebut menjadi sarana bagi para relawan dan CSO untuk mempelajari keahlian project management lebih dalam dan menyelesaikan proposal program mereka.

Program komunitas tersebut untuk menangani berbagai isu seputar topik seni dan budaya, pemberdayaan masyarakat, pendidikan, dan keanekaragaman lingkungan di lima negara.

BERITA TERKAIT

Dari Indonesia misalnya, diajukan inisiatif Thrive Together, Tenun.In Belu, dan BerDAYA yang didedikasikan untuk pengembangan diri, pemberdayaan pengrajin lokal, dan meningkatkan keterampilan kepemimpinan.

Inisiatif tersebut diharapkan bisa menciptakan dampak signifikan dengan memberdayakan individu, melestarikan warisan budaya, dan membentuk pemimpin masa depan yang akan menjadi aktor perubahan positif di komunitas masing-masing.

Direktur Eksekutif ASEAN Foundation Dr. Piti Srisangnam mengatakan, program EYAA: Cohort 3 merupakan simbol dari upaya kolaboratif berkelanjutan antara ASEAN Foundation dan Maybank Foundation untuk membuka potensi kaum muda dan komunitas ASEAN.

"Program ini merupakan katalisator yang hebat untuk perubahan besar serta membantu para relawan muda dalam memulai program komunitas untuk mengatasi masalah mendesak di seluruh ASEAN," ujarnya dalam keterangan tertulis dikutip Senin, 7 Agustus 2023.

Chief Sustainability Officer Maybank Group Shahril Azuar Jimin mengatakan, di Maybank pihaknya berupaya memberdayakan generasi muda dan mendorong kolaborasi untuk perubahan positif.

"Melalui kemitraan kami dengan ASEAN Foundation dalam program ini, kami ingin menciptakan sebuah platform bagi anak muda pencetus perubahan agar dapat meningkatkan potensi mereka dan menciptakan dampak berkelanjutan komunitas mereka," ujarnya.

Sejak didirikan tahun 2018, program ini berhasil memberdayakan 175 relawan muda dan membina kolaborasi dengan 20 CSO dan wirausaha sosial. Program EYAA telah menjangkau 851.910 orang tambahan melalui berbagai kegiatan online.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas