Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Margarin Produksi Cikarang Masuki Pasar Ekspor, Mendag: Jadi Penggerak Ekonomi Nasional

PT Upfield Indonesia melakukan ekspor produk margarin BlueBand dai pabrik di Cikarang, Jawa Barat, tujuan 12 negara.

Penulis: Reynas Abdila
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Margarin Produksi Cikarang Masuki Pasar Ekspor, Mendag: Jadi Penggerak Ekonomi Nasional
handout
Ekspor margarin produksi Upfield Indonesia dari pabrik Cikarang, Jawa Barat. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Reynas Abdila

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Upfield Indonesia melakukan ekspor produk margarin BlueBand dai pabrik di Cikarang, Jawa Barat, tujuan 12 negara, Rabu (13/9/2023).

Menteri Perdagangan Republik Indonesia Zulkifli Hasan mengatakan, Kementerian Perdagangan berkomitmen untuk terus mendorong peningkatan ekspor produk-produk Indonesia dan menyambut baik perluasan jangkauan ekspor dari Upfield Indonesia.




“Peningkatan ekspor merupakan upaya yang harus dikawal bersama, karena sektor ini sangat berpotensi untuk menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Mendag.

Presiden Direktur Upfield Indonesia Dicky Saelan menjelaskan, PT Upfield Manufacturing Indonesia di Cikarang merupakan salah satu dari pusat produksi kelas dunia yang memproduksi berbagai produk margarin untuk 9 negara dan meningkat menjadi 12 negara di 2024.

“Hingga kini fasilitas Upfield Indonesia di Cikarang tercatat mampu memproduksi margarin BlueBand yang ditujukan untuk memenuhi kebutuhan pasar, baik domestik maupun ekspor,” kata Dicky.

PT Upfield Manufacturing mengekspor margarin ke Kamboja, Thailand, Malaysia, Singapura, Pakistan, Oman, Salomon Island, Saudi Arabia, Korea Selatan, Sri Lanka, Dubai dan Qatar.

BERITA TERKAIT

Beberapa jenis produk margarin yang diproduksi oleh PT Upfield Manufacturing untuk dipasarkan ke negara kawasan Asia, diantaranya BlueBand serbaguna, BlueBand Cake & Cookie, BlueBand Master, Minyak Samin cap Onta dari BlueBand dan Planta (merek komersial BlueBand untuk negara tertentu).

Baca juga: Presiden Turki Erdogan Beri Sinyal Kesepakatan Ekspor Gandum Ukraina akan Kembali Dilanjutkan

Head of Supply Chain Manufacturing PT Upfield Manufacturing Andi Prasojo menyebut bahwa kontribusi terbesar dari bahan dasar produk margarin Upfield berasal dari minyak kelapa sawit dari Indonesia dan bersertifikat Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO).

Sertifikat ini mencakup jaminan bahwa Upfield Indonesia telah berkomitmen untuk mengembangkan dan menerapkan standar global dalam produksi, serta pengadaan minyak sawit berkelanjutan, guna meminimalisir dampak negatif dari produksi minyak sawit terhadap lingkungan, satwa liar, dan masyarakat setempat.

Baca juga: Menteri Bahlil Dukung Pendirian Pabrik Baru KT&G di Jawa Timur untuk Pusat Ekspor

“Upfield juga terus mengikuti cara produksi makanan yang baik dengan memenuhi segala persyaratan yang telah ditentukan sesuai dengan Good Manufacturing Practice (GMP) dan sistem Hazard Analysis and Critical Control Points (HACCP), sehingga menghasilkan produk margarin yang berkualitas,” ucap Andi.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas