Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Buntut Larang Ekspor BBM Rusia ke Eropa, Harga Minyak Berpotensi Naik Jadi 100 Dolar AS per Barel

Apabila kondisi tersebut terjadi dalam jangka waktu yang lama, harga minyak mentah dunia diproyeksi dapat melambung naik diatas 100 dolar AS per barel

Penulis: Namira Yunia Lestanti
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Buntut Larang Ekspor BBM Rusia ke Eropa, Harga Minyak Berpotensi Naik Jadi 100 Dolar AS per Barel
Arab News
Presiden Rusia Vladimir Putin resmi memberlakukan larangan ekspor bahan bakar minyak (BBM) seperti bensin dan solar untuk semua negara Eropa, berlaku mulai 21 September 2023. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Namira Yunia Lestanti

TRIBUNNEWS.COM, MOSKOW – Presiden Rusia Vladimir Putin resmi memberlakukan larangan ekspor bahan bakar minyak (BBM) seperti bensin dan solar untuk semua negara Eropa, berlaku mulai 21 September 2023.

Selain untuk mencegah tindakan ekspor bahan bakar motor “abu-abu” yang tidak sah dan merugikan negara, dalam keterangan tertulisnya Putin menjelaskan larangan baru ini diberlakukan dengan tujuan mengamankan pasokan bensin dan solar dalam negeri usai beberapa bulan terakhir, kilang minyak Rusia mengalami kekurangan stok bensin dan solar.

“Krisis ini sangat menyakitkan di beberapa wilayah di wilayah selatan Rusia, dimana bahan bakar sangat penting untuk mengumpulkan hasil panen. Mencegah dampak yang lebih serius dalam memperketat pasar minyak demi menaikkan volume pasokan dalam negeri,” jelas juru bicara Kremlin.

Baca juga: Harga Minyak Dunia Sentuh 95 Dolar AS Per Barel, Sri Mulyani Ungkap Penyebabnya

Lewat kebijakan baru tersebut nantinya pemasok minyak asal Rusia akan mengurangi ekspor bahan bakar diesel dan gas melalui laut sebesar 30 persen menjadi sekitar,7 juta metrik ton (1,87 juta ton).

Jumlah tersebut turun drastis lantaran Rusia biasa mengekspor hampir satu juta barel solar per hari pada tahun lalu, hingga ekspor solar Rusia menyumbang 3,4 persen dari permintaan global.

Sebagai informasi sebelum Putin memberlakukan kebijakan barunya, Kremlin diketahui telah lebih dulu memangkas 500.000 barel minyak per hari di bulan Agustus dan 300.000 barel per hari selama September 2023, sebagaimana dikutip dari CNN International.

BERITA REKOMENDASI

Meskipun larangan ini hanya bersifat sementara, namun pasca aturan tersebut diterapkan sejumlah importir utama minyak Rusia mulai kelimpungan mencari pasokan tambahan.

Apabila kondisi tersebut terjadi dalam jangka waktu yang lama, harga minyak mentah dunia diproyeksi dapat melambung naik diatas 100 dolar AS per barel.

Mengingat sejak bulan Juni lalu harga minyak dunia telah meningkat sebesar 30 persen, buntut dari pemangkasan pasokan minyak mentah yang dilakukan produsen minyak OPEC Arab Saudi sebesar 1 juta barel per hari (bpd).

Tak hanya berdampak bagi harga BBM pasar global, pembatasan kali ini diperkirakan dapat berdampak lebih luas terhadap inflasi global, ini karena diesel merupakan salah satu bahan bakar penting yang kerap digunakan dalam bidang pertanian, perikanan, dan transportasi jarak jauh.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas