Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Siap Lepas 25 Persen Saham Lewat IPO, KOKA Incar Dana Segar Hingga Rp 115,1 Miliar

Perusahaan jasa konstruksi PT Koka Indonesia Tbk (KOKA) siap melepas sebagian sahamnya ke masyarakat melalui skema IPO di pasar modal

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Siap Lepas 25 Persen Saham Lewat IPO, KOKA Incar Dana Segar Hingga Rp 115,1 Miliar
dok.
Kiri ke kanan: Direktur Operasional dan Keuangan KOKA Michael Albert Massie, perwakilan UOB Kay Hian Sekuritas Daud Gunawan, Direktur Utama KOKA Gao Jing (Vanessa) dan Komisaris Utama KOKA Zhao Mingwei. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan jasa konstruksi PT Koka Indonesia Tbk (KOKA), siap melepas sebagian sahamnya ke masyarakat melalui skema penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO) saham.

Dalam rencana IPO tersebut, KOKA akan melepas sebanyak-banyaknya 715,33 juta lembar saham atau setara 25 persen dari modal disetor ke publik dengan harga berkisar Rp 128-161 per saham.

Direktur Keuangan KOKA Michael Albert dalam paparan kepada media, Kamis 21 September 2023 mengatakan, dari hasil IPO ini, KOKA memproyeksikan bisa meraup dana segar dari bursa senilai Rp 91,5 miliar hingga Rp 115,1 miliar.

Pihaknya menunjuk UOB Kay Hian Sekuritas sebagai penjamin pelaksana emisi efek.

Sebagai tahapan IPO, penawaran saham KOKA ke publik kini memasuki masa penawaran awal (bookbuilding) yang akan berlangsung hingga 26 September 2023.

KOKA akan mendapatkan pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 29 September 2023, sehingga masa penawaran umum bisa berlangsung pada 3-9 Oktober 2023.

Semetara tahapa pencatatan (listing) perdana saham KOKA di BEI dijadwalkan pada 11 Oktober 2023.

BERITA REKOMENDASI

Michael optimistis, KOKA sanggup memacu pendapatan perusahaan lebih tinggi dari tahun lalu.

Pihaknya mengincar kenaikan pendapatan 40 persen dan laba bersih lebih besar dari itu ditopang oleh kebijakan pemerintah yang aktif mengembangkan tambang nikel baru.

Baca juga: OJK: 59 Perusahaan Antre IPO di Bursa, Nilainya Rp 12,47 Triliun

“Kontrak itu sesuai dengan kapasitas perseroan. Pendapatan kami incar naik 40 persen dan laba bersih lebih besar dari itu,” ujarnya saat ditemui usai konferensi pers.

Michael juga optimistis dengan outlook perekonomian Indonesia dan global ke depan. Apalagi, pemerintah Indonesia saat ini tengah fokus pada pengembangan pertambangan Nikel.

KOKA berencana mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia (BEI) di bulan Oktober 2023. Perseroan berencana untuk melepaskan sebanyak-banyaknya 715.333.000 saham atau sekitar 25 persen dari modal ditempatkan dan disetor penuh setelah penawaran umum Harga saham yang ditawarkan ada di rentang harga antara Rp 128 sampai dengan Rp 161 per saham.

Baca juga: Melantai di Bursa, Mutuagung Lestari Incar Rp 103,71 miliar dari IPO, Dananya untuk Apa?

Bisnis KOKA selama ini bergerak di bidang kontraktor umum proyek konstruksi, teknik mesin, teknik geoteknik, desain interior, dan furniture dan telah memegang beberapa proyek strategis di Indonesia, terutama dari klien yang berasal dari perusahaan asal China.

Sejauh ini KOKA telah mengerjakan lebih dari 100 proyek rekayasa investasi dan konstruksi di Indonesia termasuk proyek infrastruktur pertambangan di Morowali, Sulawesi Tengah.

Halaman
12
Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas