Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Cerita Dian Ika, Pekerja Pabrik Rokok yang Sukses Kembangkan Bisnis Minuman Herbal dan Kue Kering

Dian Eka sukses merintis usaha rumahan minuman herbal dan kue kering yang kini berdampak positif bagi ekonomi keluarganya.

Penulis: Hasiolan Eko P Gultom
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Cerita Dian Ika, Pekerja Pabrik Rokok yang Sukses Kembangkan Bisnis Minuman Herbal dan Kue Kering
handout
Dian Ika, pekerja sigaret kretek tangan, yang kini sukses menggeluti bisnis minuman herbal dan kue kering lewat program pelatihan HOPE. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandemi Covid-19 pada tahun 2020 menjadi titik awal bagi Dian Ika Retnani (46) mernitis usaha. Di tengah situasi ekonomi sulit saat itu, Dian mendapatkan kesempatan merintis usaha rumahan yang kini berdampak positif bagi ekonomi keluarganya.

Dian Ika sehari-harinya merupakan pekerja di produksi Sigaret Kretek Tangan (SKT) Rungkut 2 PT HM Sampoerna Tbk. di Surabayasebagai group leader.

Meski masih aktif sebagai karyawan, Dian dan para karyawan Sampoerna didorong untuk lebih berdaya secara ekonomi dengan dibekali pengetahuan berbisnis melalui program Help, Overcome, Prepare, Energize (HOPE).




HOPE merupakan program dari Sampoerna yang memberikan pelatihan literasi keuangan dan kewirausahaan. Dari sinilah kisah bisnis Dian Ika dimulai.

Dian mengisahkan, pada masa awal pandemi, karyawan yang memiliki komorbiditas sepertinya diminta tetap berada di rumah untuk mengurangi risiko baginya.

Saat itu, ia difasilitasi dengan pelatihan untuk mengisi waktu, sekaligus bisa mencoba cara baru untuk dapat pemasukan tambahan, seperti melalui wirausaha.

“Saat itu ditawarin Sampoerna ikut Program HOPE secara online. Akhirnya, saya coba ikut daftar. Ada macam-macam pelatihan, ada soal pengelolaan keuangan, bikin minuman, kue kering. Semua ada dan semua saya ikuti. Saya cobain satu-satu. Alhamdulillah, akhirnya saya fokus di minuman herbal,” kata Dian dikutip Senin (25/9/2023).

BERITA TERKAIT

Dian mencoba peruntungannya dengan menjajakan minuman herbal siap minum, seperti jamu beras kencur, sinom, dan kunyit asam.

“Saya cobain ke teman-teman saat mulai masuk kerja, ternyata mereka suka produk saya,” ujar ibu empat anak ini.

Bisnis minuman herbal Dian diberi merek “Dapur Mamat”. Tak hanya yang siap minum, ia juga mencoba mengolahnya menjadi minuman instan. Hal ini bermula dari temannya yang berasal dari Pekanbaru, Riau, meminta Dian mengirimkan minuman herbal olahannya dalam bentuk minuman instan atau bubuk.

Baca juga: Cerita Sukses Bos Properti Asal Surabaya Iwan Sunito Kembangkan Green Building di Australia

Kini, minuman herbal “Dapur Mamad” telah dipasarkan secara daring dan sudah dikirim ke Kalimantan hingga Papua.

Bisnis Dian  kni semakin berkembang. Ia memanfaatkan segala ilmu yang didapatkannya melalui HOPE untuk terus berinovasi.

Selain minuman herbal, dia juga berbisnis kue kering “Villa Cookies” dan menjalankan bisnis jasa cuci pakaian alias laundry “Mamat Laundry”. Ketiga bisnis ini dijalankannya di luar dari kesehariannya sebagai karyawan Sampoerna.

“Usaha ini saya manage bersama suami. Kalau pesanan banyak, ya ada yang bantu. Misalnya pas Lebaran, banyak pesanan kue kering, dibantu tetangga,” kata Dian.

Baca juga: Melon Hidroponik, Kisah Sukses Petani di Mungkid Magelang Jateng

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas