Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Ketua LPS Minta Pelaku Usaha Serius Lakukan Dekarbonisasi

Mekanisme bursa karbon dinilai baik sebab Indonesia sendiri memiliki sumber energi bersih di Indonesia untuk menjualnya ke negara-negara eropa atau pe

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Ketua LPS Minta Pelaku Usaha Serius Lakukan Dekarbonisasi
Endrapta Pramudhiaz
Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Purbaya Yudhi Sadewa menyatakan, pelaku usaha diminta untuk lebih serius untuk melakukan dekarbonisasi atas hadirnya bursa karbon yang diluncurkan pada Selasa (26/9/2023) kemarin.

Menurut Purbaya, mekanisme bursa karbon dinilai baik sebab Indonesia sendiri memiliki sumber energi bersih di Indonesia untuk menjualnya ke negara-negara eropa atau pengusaha yang membutuhkannya.

"Cuman kan nanti engga segampang itu juga, sertifikat karbonnya juga kan nanti diperiksa dengan lembaga yang berwibawa kan di sana," kata Purbaya kepada wartawan di Jakarta Selatan, Rabu (27/9/2023).

Baca juga: Baru Dirilis, Bursa Karbon RI Diborong Industri Perbankan hingga Pertamina

Untuk itu, Purbaya menegaskan bahwa pasar karbon perlu diawasi salah satunya dengan kebijakan dan implementasi yang serius.

"Itu kedepan walaupun kita tanahnya banyak, kalau programnya main-main enggak akan jadi juga. Kredibilitasnya akan hilang dengan cepat," ungkapnya.

"Jadi ini perlu memerlukan sesuatu kebijakan dan implementasi yang betul-betul serius dalam pengawasannya. Sebelum mereka ngawasin kita jadi kita harus jaga betul-betul," imbuhnya.

BERITA TERKAIT

Sebab kata dia, tanpa adanya pengawasan dikhawatirkan akan ada pasar karbon yang disalahgunakan oleh pelaku usaha.

"Nanti karbonnya yang dijual karbon bohongan di kertas doang takutnya seperti itu. Jadi ini bagus tapi kita harus serius," ucapnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas