Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

2 Oktober, Presiden Umumkan Tarif Kereta Cepat Whoosh, Berkisar Rp 250 Ribu-Rp 350 Ribu Sekali Jalan

Presiden Joko Widodo bakal mengumumkan tarif kereta cepat Jakarta-Bandung pada Senin (2/10/2023)

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Sanusi
zoom-in 2 Oktober, Presiden Umumkan Tarif Kereta Cepat Whoosh, Berkisar Rp 250 Ribu-Rp 350 Ribu Sekali Jalan
TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) siap berangkat di Stasiun Halim, Jakarta, Sabtu (16/9/2023). Sebelum resmi beroperasi yang ditargetkan pada 1 Oktober 2023, KCJB akan menjalani serangkaian uji coba dengan penumpang tidak berbayar hingga 30 September 2023. Uji coba dilakukan dengan total 8 perjalanan setiap hari dari Stasiun Halim menuju Stasiun Tegalluar dan sebaliknya. Kereta yang memiliki kecepatan hingga 350km/jam ini beroperasi dalam jarak 142,3 km dari Stasiun Halim di Jakarta hingga Stasiun Tegalluar di Kabupaten Bandung, dengan waktu tempuh sekitar 36 menit untuk perjalanan langsung dan 46 menit untuk perjalanan yang berhenti di setiap stasiun. TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan Presiden Joko Widodo bakal mengumumkan tarif kereta cepat Jakarta-Bandung pada Senin (2/10/2023).

Selain mengumumkan tarif Whoosh, Presiden Jokowi juga akan logo KCJB, hingga peluncuran identitas jenama alias branding, yakni 'Whoosh'.




"2 Oktober 2023 ada beberapa keputusan yang penting di acara itu. Pertama, logo akan diumumkan, dan kita juga sudah tau namanya Whoosh (akan diumumkan secara resmi)," papar Menhub Budi di Jakarta Convention Center, Jumat (29/9/2023).

Baca juga: Kemenparekraf Yakin Kualitas Produk Pariwisata akan Naik Setelah Kereta Cepat Whoosh Diluncurkan

Tarif kereta cepat dibagi dalam tiga kelas

Diberitakan sebelumnya, PT KCIC mengusulkan tarif Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) antara Rp 250.000 sampai Rp 350.000 untuk satu kali perjalanan.

"Untuk tarif yang diusulkan antara Rp 250.000 sampai Rp 350.000, nanti kita lihat seperti apa finalisasinya," kata Eva Chairunisa di Tegalluar, Kabupaten Bandung, Selasa (22/8/2023) lalu.

BERITA TERKAIT

Adapun tarif Rp 250.000 sampai Rp 350.000 itu, terbagi menjadi tiga kelas, yakni premium ekonomi, bisnis, dan kelas utama.

Namun demikian, kata Eva, pihaknya baru mengajukan pada pemerintah dan masih dalam proses perhitungan sehingga belum bisa dipastikan berapa tarif yang akan dikenakan untuk kereta cepat ini.

"Tentunya usulan harga itu yang paling bawah adalah premium ekonomi hingga kelas paling atas atau first class, nanti kita akan umumkan besarannya setiap kelas berapa kalau sudah ada hasil pembahasannya untuk tarif,” kata Eva.

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Utama PT Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, Presiden Jokowi berencana mengumumkan besaran tarif KCJB.

"Nanti kalo tanggal 2 Oktober 2023 jadi soft launching, baru itu kita umumkan (tarifnya) bukan sekarang," papar Dwiyana di Jakarta Convention Center.

Mundur dari jadwal

Diketahui, jadwal peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung mundur dan akan dilaksanakan pada Senin, 2 Oktober 2023.

Baca juga: Kemenparekraf Harap Peluncuran Kereta Cepat Jakarta-Bandung Dongkrak Pertumbuhan Wisatawan Nusantara

Semula, angkutan massal yang menghubungkan 2 Provinsi ini bakal diresmikan pada 1 Oktober 2023.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas