Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Startup Penyedia Layanan Kesehatan Ini Raih Pendanaan Seri A Senilai 10 Juta Dolar AS

Startup penyedia layanan kesehatan terpadu Good Doctor meraih pendanaan Seri A dalam kisaran 10 juta dolar AS.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Startup Penyedia Layanan Kesehatan Ini Raih Pendanaan Seri A Senilai 10 Juta Dolar AS
IST
Ilustrasi startup. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Seno Tri Sulistiyono

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Startup penyedia layanan kesehatan terpadu berbasis teknologi, PT Good Doctor Technology, mendapatkan pendanaan Seri A dalam kisaran 10 juta dolar AS.

MDI Ventures bergabung dalam pendanaan ini sebagai investor baru dan utama, diikuti oleh investor lama, Grab yang juga menaungi GrabHealth dengan didukung oleh Good Doctor dalam aplikasi Grab.

Chief Executive Officer PT Good Doctor Technology, Danu Wicaksana mengatakan, setelah status pandemi berakhir, terdapat tiga perubahan penting dalam perilaku pengguna Good Doctor.

Pertama, selama pandemi, orang-orang mencari layanan Good Doctor terutama untuk masalah terkait Covid-19, namun kini berkonsultasi untuk berbagai penyakit lain seperti demam, gangguan pencernaan, maag, batuk dan alergi.

Kedua, ketika pandemi, kata Danu, konsultasi banyak dilakukan secara individual dan didanai sendiri, kini terlihat banyak perusahaan yang memfasilitasi karyawannya untuk mengakses layanan Good Doctor secara gratis.

"Ketiga, mereka yang menggunakan layanan Good Doctor selama pandemi masih mengandalkan telemedisin bahkan setelah pandemi berakhir karena mereka merasa nyaman dengan layanan tersebut dan sudah menjadi bagian dari layanan kesehatan rutin mereka," ujar Danu ditulis Senin (9/10/2023).

BERITA TERKAIT

Menurutnya, adanya dukungan daribMDI Ventures dan Grab maka Good Doctor mengambil langkah selanjutnya dalam meningkatkan dan memperluas layanan kesehatan di Indonesia.

Baca juga: Platform Analisis Keuangan Perusahaan Ini Raih Pendanaan 5 Juta Dolar AS

Ia menyebut, suntikan dana ini akan digunakan untuk memperluas jangkauan dan pengaruh Good Doctor terhadap kesehatan masyarakat Indonesia secara lebih luas.

"Good Doctor akan menjalin kemitraan baru dengan lebih banyak institusi di Indonesia, baik swasta (misalnya perusahaan asuransi dan korporasi) maupun lembaga publik (misalnya BPJS Kesehatan)," paparnya.

Baca juga: Startup Agritech Metion Buka Pendanaan Pre-Seed, Bidik Investasi Senilai 500 Ribu Dolar AS

Chief Executive Officer, MDI Ventures Donald Wihardja mengatakan, kami mengakui kemajuan yang telah dicapai Good Doctor dan ketahanan model bisnis Good Doctor di Indonesia, khususnya di segmen korporasi.

"Dedikasi mereka dalam menyediakan layanan kesehatan yang mudah diakses dan berkualitas tinggi dengan memanfaatkan teknologi telah menarik perhatian kami. Kami melihat potensi pertumbuhan yang sangat besar dalam upaya ini," paparnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas