Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Alokasikan 100 Juta Dolar AS, MUIP Garuda Fund Seleksi Stratup yang Butuh Pendanaan  

Kegiatan ini melibatkan sekitar 50 startup yang sedang berkembang untuk kemudian diselesi, demi menentukan startup yang layak mendapatkan pendanaan.

Editor: Choirul Arifin
zoom-in Alokasikan 100 Juta Dolar AS, MUIP Garuda Fund Seleksi Stratup yang Butuh Pendanaan   
dok.
Ryusuke Hirota, Director overseeing Southeast Asia investments MUIP (kiri) dan Jin Yoshida, Global Alliance Strategy Director Bank Danamon. 

 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) bersama dengan perusahaan induknya MUFG dan afiliasinya menggelar Danamon Investment Matching Fair untuk mencari perusahaan rintisan yang membutuhkan dukungan pendanaan, Selasa (22/10/2024).

Kegiatan ini melibatkan sekitar 50 startup yang sedang berkembang untuk kemudian diselesi, demi menentukan startup yang layak mendapatkan pendanaan dan dukungan kolaboratif. 

Perseroan dan afiliasinya memiliki MUIP Garuda Fund atau modal ventura yang memiliki dana investasi senilai US$ 100 juta yang berkolaborasi bersama MUFG dan MUIP.

Perusahaan afiliasi yang terlibat di kegiatan ini adalah Adira Finance, Home Credit Indonesia, dan Zurich Asuransi Indonesia.

Pendanaan yang disalurkan diharapkan bisa mendukung pertumbuhan perusahaan rintisan di Indonesia, terutama yang bergerak di sektor digital dan fintech.

Investasi ini difokuskan pada startup tahap Seri A ke atas, dengan rata-rata investasi sebesar US$ 5 juta per startup.

BERITA REKOMENDASI

MUIP Garuda Fund diharapkan bisa mendorong pertumbuhan startup serta meningkatkan kolaborasi bisnis antara Danamon dan pelaku startup digital di Indonesia.

Menurut Ryusuke Hirota, Director overseeing Southeast Asia investments, MUIP, MUIP Garuda Fund berperan penting dalam mendukung ekosistem startup di Indonesia.

Dengan total alokasi dana sebesar USD 100 juta, MUIP Garuda Fund berfokus pada investasi startup tahap Seri A ke atas.

"Inisiatif ini bertujuan mendorong pertumbuhan ekosistem startup di Indonesia, termasuk melalui pengembangan sinergi bisnis yang memperkuat jaringan, meningkatkan kapabilitas digital, dan memperluas kolaborasi dengan pelaku fintech di Indonesia,” kata Ryusuke dalam keterangan tertulis.

Jin Yoshida, Global Alliance Strategy Director, PT Bank Danamon Indonesia Tbk, menambahkan Danamon, MUFG, dan MUIP terus berupaya mendukung pertumbuhan startup di Indonesia melalui pendanaan dari MUIP Garuda Fund.

Baca juga: Kominfo Klaim Sudah Fasilitasi Startup Lokal dan Raih Pendanaan Rp 2.6 Triliun


"Kami juga aktif melakukan investment matching seperti yang telah kami lakukan di Danamon Investment Matching Fair, sebagai bagian dari komitmen kami untuk memperluas ekosistem bisnis digital dan meningkatkan kolaborasi dalam sektor keuangan," ungkapnya.

Penyelenggaraan investment matching ini diharapkan dapat mengidentifikasi peluang untuk memberikan dana investasi kepada startup yang dinilai memiliki potensi untuk bertumbuh dan menjadi sukses. 

Baca juga: Fenomena Tech Winter Bikin Pendanaan Startup Indonesia Turun

Untuk menjangkau lebih banyak start-up dan memperkenalkan MUIP Garuda Fund, Danamon juga turut berpartisipasi pada acara Tech in Asia (TIA) Conference 2024 yang diselenggarakan pada 23-24 Oktober 2024.

Danamon bersama MUFG, Adira Finance, Home Credit Indonesia, dan Zurich akan memperkenalkan berbagai layanan berbasis digital yang dapat mendukung bisnis startup.


Laporan Reporter: Selvi Mayasari | Sumber: Kontan

 

 

Sumber: Kontan
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas