Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Survei BI: Kinerja Kegiatan Dunia Usaha Meningkat di Kuartal III 2023

Kinerja kegiatan dunia usaha pada kuartal III-2023 tetap kuat, hal ini tecermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 15,65 persen.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Survei BI: Kinerja Kegiatan Dunia Usaha Meningkat di Kuartal III 2023
dok. Kompas
Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia Erwin Haryono. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Survei Kegiatan Dunia Usaha (SKDU) yang diselenggarakan Bank Indonesia mengindikasikan kinerja kegiatan dunia usaha pada kuartal III-2023 tetap kuat.

Hal ini tecermin dari nilai Saldo Bersih Tertimbang (SBT) sebesar 15,65 persen.

"Kinerja kegiatan usaha yang tetap kuat didukung oleh kinerja beberapa Lapangan Usaha (LU) yang meningkat," ujar Kepala Departemen Komunikasi, BI Erwin Haryono, Jumat (13/8/2023).

Beberapa LU tersebut termasuk LU Pertambangan dan Penggalian karena faktor musiman, LU Industri Pengolahan didukung oleh permintaan yang masih terjaga, serta LU Konstruksi seiring masih berlangsungnya proyek domestik.

"Sejalan dengan kinerja kegiatan dunia usaha yang kuat kapasitas produksi terpakai pada kuartal III-2023 tercatat sebesar 75,17 persen. Angka itu meningkat dari 74,88 persen pada kuartal sebelumnya," terang Erwin.

Sementara itu, untuk penggunaan tenaga kerja tercatat tetap berada dalam fase ekspansi meski melambat. Dan kondisi keuangan dunia usaha secara umum juga tetap dalam kondisi baik, meski tidak setinggi kuartal sebelumnya.

BERITA REKOMENDASI

"Pada kuartal IV-2023, responden memprakirakan kegiatan usaha masih tumbuh kuat dengan SBT sebesar 13,08 persen," ujarnya.

Baca juga: Ekonom Prediksi Kurs Rupiah Hingga Akhir 2023 Sundul ke Rp 15.400

Erwin menerangkan, kegiatan usaha yang tetap kuat diprakirakan terjadi pada LU Perdagangan Besar dan Eceran, dan Reparasi Mobil dan Motor, LU Transportasi dan Pergudangan, serta LU Penyediaan Akomodasi dan Makan Minum.

Baca juga: BI Masih Pede Inflasi September 2023 di Kisaran 3 Persen Meski Harga Beras Kini Meroket

"Didorong permintaan dalam negeri yang meningkat pada periode libur Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan Tahun Baru," imbuh Erwin.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas