Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Penumpang Kereta Api Tawang Jaya Jadi Korban Pencurian Saat Perjalanan, iPad dan Laptop Raib

Pelaku mengembalikan tas kembali ke tempat semula dan pelaku kembali duduk di tempat duduknya.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Penumpang Kereta Api Tawang Jaya Jadi Korban Pencurian Saat Perjalanan, iPad dan Laptop Raib
Tribun Jabar/Gani Kurniawan
Ilustrasi. KAI menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas kejadian yang dialami oleh penumpang KA Tawang Jaya Premium. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (KAI) membuka suara menyoal kejadian penumpang yang menjadi korban pencurian dalam perjalanan KA Tawang Jaya Premium relasi Semarang Poncol - Pasar Senen pada Sabtu (14/10/2023) kemarin.

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk membantu mengawal kasus pencurian yang menimpa penumpang tersebut.

"KAI menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas kejadian yang dialami oleh penumpang KA Tawang Jaya Premium tersebut," kata Joni saat dihubungi Tribunnews, Minggu (15/10/2023).

Baca juga: Promo KAI Oktober 2023: Nikmati Diskon Tiket KA Eksekutif, Bisnis, dan Ekonomi, Ini Syaratnya

Joni pun membeberkan kronologi pencurian tersebut, dia bilang hal itu terjadi saat perjalanan KA Tawang Jaya melewati Stasiun Cikarang.

Kemudian, petugas menerima laporan dari dua orang penumpang yang masing-masing kehilangan iPad dan laptop.

"Guna pencarian, KAI kemudian mengecek CCTB saat posisi KA tersebut ketika berada di Jakarta. Namun karena membutuhkan waktu pengamatan lebih lanjut, pemantauan CCTB dilanjutkan ketika KA sudah berada di Semarang," tutur Joni.

BERITA REKOMENDASI

Dikatakan Joni, petugas keamanan KAI mulai menemukan titik terang kasus pencurian tersebut. Selanjutnya petugas melakukan koordinasi dengan pihak Kepolisian terkait.

"Setelah dilanjut pemeriksaan di Semarang, sudah ada titik terang. Pelaku dapat terlihat di rekaman CCTV dan masih kami dalami. Selanjutnya kita melakukan koordinasi dengan pihak kepolisian guna proses penyelidikan lebih lanjut," jelasnya.

Adapun berdasarkan kamera CCTV, diperoleh rekaman yang memperlihatkan dua orang pelaku mengambil tas milik korban yang berada dibawah kursi penumpang.

Tas tersebut lalu dibawa ke bordes serta mengganti laptop dengan buku seukuran laptop dan mengelem ritsleting tas.

Setelah itu, pelaku mengembalikan tas kembali ke tempat semula dan pelaku kembali duduk di tempat duduknya. Adapun menurut analisa, iPad penumpang juga diambil pelaku dengan jalan lewat bawah kursi.

KAI juga segera melaksanakan pengamanan tertutup di stasiun-stasiun pemberangkatan terutama di Stasiun Semarang Tawang Bank Jateng, Stasiun Semarang Poncol, Stasiun Bekasi, dan Stasiun Pasarsenen untuk melaksanakan penangkapan pelaku berdasarkan data-data yang sudah didapat.

"KAI akan terus meningkatkan sistem keamanan baik di atas kereta api ataupun di stasiun. Kami juga mengimbau kepada seluruh penumpang untuk senantiasa menjaga barang bawaannya masing-masing. Kepada para penumpang, agar menempatkan barang bawaan yang berharga di tempat yang aman dan mudah di awasi," ungkapnya.

Sebelumnya, akun Twitter/X @goyaaeo menuliskan bahwa terjadi tindak pencurian. Dia mengaku terdapat dua orang yang mengalami hal serupa dalam satu perjalanan itu.

"Selamat malam, @KAI121 hari ini saya mengalami pencurian barang berupa iPad di dalam kereta tawang jaya premium eksekutif 1 10A dengan waktu perjalanan di 21.46-04.17," tulis akun @goyaaeo dikutip Minggu.

"Setelah beberapa menit, ternyata salah satu penumpang di dalam gerbong yang sama juga kehilangan 1 unit laptop yang sebelumnya ditaruh di dalam tas laptop di dekat kaki dengan nomor kursi 13D," sambungnya.

Dia menyatakan bahwa telah melaporkan kejadian tersebut kepada pihak KAI. Dia juga berharap agar pelaku bisa tertangkap.

"Mohon doanya semoga pelaku bisa segera tertangkap, terima kasih banyak," ujarnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas