Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Keponakan Ungkap Kondisi Kesehatan Menko Luhut Saat Ini: Ngebet Ingin Pulang ke Indonesia

Kondisi kesehatan Luhut kian membaik meski saat ini masih menjalani perawatan di Singapura.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Keponakan Ungkap Kondisi Kesehatan Menko Luhut Saat Ini: Ngebet Ingin Pulang ke Indonesia
Bambang Ismoyo
Keponakan Luhut Binsar Pandjaitan, Pandu Sjahrir. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pandu Sjahrir membeberkan kondisi terkini Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan.

Menurutnya, kondisi Luhut saat ini telah berangsur pulih.




Diketahui, Pandu Sjahrir yang merupakan Kepala Badan Pengembangan Ekosistem Keuangan Digital Kadin Indonesia, adalah keponakan dari Luhut Binsar Pandjaitan.

Pandu merupakan anak pasangan Nurmala Kartini Sjahrir (adik Luhut) dengan ekonom Sjahrir.

Baca juga: Pesan Luhut dari Singapura: Jangan Saling Menyalahkan, Jokowi Pemimpin RI Terbaik yang Pernah Ada

"Baik, Alhamdulillah sehat. Saya rasa perkembangannya makin baik berapa hari terakhir. Tolong doanya aja," ucap Pandu saat ditemui di Plaza Senayan, Rabu (18/10/2023).

Bahkan Pandu menyebut, Luhut telah mengungkapkan keinginannya untuk segera pulang ke Tanah Air.

BERITA TERKAIT

Namun, pihak keluarga masih belum mengabulkan permohonannya. Luhut hanya boleh pulang jika kondisinya pulih 100 persen.

"Dia sudah kepengen banget pulang. Tapi aku bilang jangan dulu lah, biar full 100 persen. Kita harus jaga. Ini lagi proses pemulihan," pungkasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan menyatakan, kondisi kesehatannya kian membaik meski saat ini masih menjalani perawatan di Singapura.

Luhut juga minta masyarakat untuk tidak mempercayai foto-fotonya yang beredar di media sosial terkait kondisi kesehatannya.

"Kalau boleh teman-teman tidak usah percaya terhadap foto-foto yang banyak bertebaran sliweran yang aneh-aneh gitu, saya overall dari hasil tim dokter tadi melaporkan progress saya maju sangat signifikan," kata Luhut dalam Instagramnya, Selasa (17/10/2023).

Dikatakan Luhut, terhitung selama tujuh hari dia menjalani perawatan di Singapura. Luhut juga bilang, untuk bisa pulih seperti sediakala dirinya mengaku masih membutuhkan waktu beberapa hari kedepan.

"Terhitung tujuh hari sudah saya berada di Singapura untuk menjalani proses pemulihan. Beberapa tahap perawatan medis saya jalani dengan sebaik mungkin," ucap Luhut.

"Sejujurnya, pengalaman ini sungguh tidak menyenangkan, namun saya tetap berkomitmen untuk terus bersemangat meskipun proses pemulihan ini masih tetap membutuhkan waktu," imbuhnya.

Selain itu Luhut mengatakan, doa-doa yang dipanjatkan untuknya justru membantu pemulihan kondisi kesehatannya. Bahkan terbaru, Luhut sudah diperbolehkan untuk melakukan aktivitas pekerjaannya.

"Saya sudah mendapatkan izin untuk beraktivitas meskipun baru sebatas melihat dan mendengar laporan dari beberapa pekerjaan yang telah saya tinggalkan selama beberapa minggu," jelasnya.

Bahkan, dia mengklaim bahwa Erick Thohir sebagai Ad Interim Menko Marves justru membantunya dalam menyelesaikan pekerjaan selama Luhut dirawat di Singapura.

"Dan pekerjaan di kantor semua terhandel dengan baik Pak Erik segera melakukan pekerjaan dengan bagus dan para Deputi saya luar biasa," tuturnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas