Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Prabowo Optimistis Bisa Wujudkan Makan Siang Gratis Bagi Anak, Bakal Telan Anggaran Hingga Rp450 T

Bakal Calon Presiden dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto, optimistis bisa merealisasikan janji memberi makan siang gratis kepada anak-anak

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Prabowo Optimistis Bisa Wujudkan Makan Siang Gratis Bagi Anak, Bakal Telan Anggaran Hingga Rp450 T
WARTAKOTA/YULIANTO
Bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto (kiri) dengan didampingi oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (kanan) 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bakal Calon Presiden dari Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto, optimistis bisa merealisasikan janji memberi makan siang gratis kepada anak-anak di seluruh sekolah di Indonesia jika terpilih menjadi presiden di Pilpres 2024.

"Jadi saya sangat optimis bahwa makan siang ini mampu kita lakukan," katanya dalam acara Sarasehan 100 Ekonom Indonesia di Jakarta, Rabu (8/11/2023).




Ia mengatakan, bila dilihat dari anggaran RI pada 2024 mendatang, alokasi untuk stunting, pendidikan, perlindungan sosial itu sangat besar.

Baca juga: Pencegahan Stunting, Pj Gubernur Sumsel Ajak Orang Tua Beri Perhatian Khusus Asupan Gizi Anak

Ketua Umum Partai Gerindra itu kemudian mengakui bahwa sudah menghitung kira-kira jumlah anggaran yang dibutuhkan untuk makan siang gratis, yaitu Rp400 triliun hingga Rp450 triliun.

"Kalau makan siang untuk anak sekolah, saya bertanya, ini masuk pendidikan atau tidak? Jadi sebenarnya kalau Rp400 triliun alokasinya sebenarnya sudah ada," kata Prabowo.

"Hitungan Rp400 triliun, Rp450 triliun (atau) kira-kira 30 juta dolar. Bukan kita kirim ke luar negeri, tapi 30 juta dolar ini beredar di desa, kabupaten. Bisa hitung multiplier effect-nya seperti apa," lanjutnya.

BERITA TERKAIT

Ia mengisyaratkan dana untuk makan siang gratis didapat melalui anggaran-anggaran lain yang sudah ada.

"Kemudian kalau kita lihat untuk perlindungan sosial, hampir Rp 500 triliun. Kalau sebagian untuk makan siang anak-anak Indonesia, akan meringankan orang-orang paling bawah itu. Apalagi ketahanan pangan," ujar Prabowo.

Prabowo kemudian mengatakan, program makan siang gratis untuk anak-anak sudah banyak dilaksanakan berbagai negara dunia.

Contohnya adalah India. Prabowo bilang, India yang memiliki pendapatan per kapita setengah dari RI, berani kasih makan siang untuk seluruh anak-anak mereka.

"Mereka juga sudah punya program bagi susu yang mereka sebut revolusi putih. The white revolution. Ini sudah berjalan 25-35 tahun. Tadinya hanya susu, tapi ini signifikan," kata Prabowo.

Baca juga: Cegah Stunting Sejak Janin, Sebanyak 1,5 Juta Ibu Hamil Diperiksa dengan USG.

"Kemudian saya kira mereka sudah 4-5 tahun melaksanakan makanan sekolah. Demikian juga Thailand, Singapura, dan Malaysia," sambungnya.

Pria yang kini menjabat sebagai Menteri Pertahanan RI itu menegaskan, makan siang gratis akan membantu semua warga miskin.

"Kecuali anaknya orang kaya. Anaknya orang kaya enggak butuh lagi (makan siang gratis). Semua sekolah, semua pesantren, akan kita kasih makan siang dari usia dini," pungkas Prabowo.

Diberitakan sebelumnya, Bakal calon presiden Koalisi Indonesia Maju, Prabowo Subianto berjanji akan memberikan makan siang gratis kepada anak-anak di seluruh sekolah di Indonesia jika terpilih menjadi presiden di Pilpres 2024.

Penegasan itu disampaikan oleh Prabowo saat mengisi kuliah umum Golkar Institute di Kantor DPP Partai Golkar, Jalan Anggrek Neli, Jakarta Barat pada Kamis (31/8/2023).

"Saya seandainya menerima mandat bersama saudara saudara, kita harus berani memberikan makan siang untuk semua anak anak Indonesia di semua sekolah Indonesia," kata Prabowo dalam sambutannya.

Prabowo menuturkan bahwa makan siang gratis kepada seluruh anak sekolah diharapkan bisa menggerakan roda ekonomi hingga tingkat pedesaan. Sebaliknya, kebijakan ini juga diharapkan bisa mencegah adanya stunting kepada anak di Indonesia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas