Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Ditopang Penjualan Gas, Rukun Raharja Raup Laba 12,6 juta Dolar AS di Kuartal III

Perseroan membukukan laba bersih 12,6 juta dolar AS di kuartal III, lebih besar secara signifikan dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya

Penulis: Hasanudin Aco
Editor: Sanusi
zoom-in Ditopang Penjualan Gas, Rukun Raharja Raup Laba 12,6 juta Dolar AS di Kuartal III
HO
PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) telah mengikuti rangkaian kegiatan Public Expose Live 2023 dalam rangka memperingati 46 tahun diaktifkannya kembali Pasar Modal Indonesia yang diselenggarakan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Senin (28/11/2023) siang. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perusahaan migas PT Rukun Raharja Tbk (RAJA) hari ini menggelar Public Expose Live 2023 pada Senin (28/11/2023) siang.

Paparan diselenggarakan secara virtual dengan bahasan utama kinerja kuartal III 2023 yang disampaikan oleh Direksi Perseroan.

Direktur Keuangan Rukun Raharja Oka Lesmana menyampaikan beberapa highlight atas kinerja perseroan sampai dengan kuartal III 2023.

Baca juga: Rukun Raharja Catatkan Kenaikan Laba 195 persen pada Semester I 2023

Perseroan membukukan laba bersih 12,6 juta dolar AS di kuartal III, lebih besar secara signifikan dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya yaitu 5,6 juta dolar AS atau naik sekitar 123 persen secara year on year (yoy).

Pendapatan bersih perseroan naik sebesar 26 persen. Pada periode yang sama di tahun sebelumnya perseroan membukukan pendapatan bersih sebesar 87 juta dolar AS, sedangkan di tahun ini pendapatan bersih perseroan adalah sebesar 110 juta dolar AS.

Baca juga: Anak Usaha Rukun Raharja Bangun CNG Mother Station di Grobogan

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi kenaikan ini.

Diantaranya adalah kenaikan penjualan gas baik dari gas pipa maupun CNG, terutama dengan adanya penambahan pelanggan baru di Pulau Sumatera.

BERITA TERKAIT

Selain itu kenaikan kontribusi dari sektor infrastruktur gas juga memberikan kontribusi yang cukup baik terutama dari toll fee pada pipa gas dan pipa minyak mentah milik Perseroan.

Realisasi belanja modal (capex) perseroan hingga kuartal 3 ini telah mencapai 41 juta dolar AS atau setara dengan 82 persen dari total kurang lebih 50 juta dolar AS yang dianggarkan untuk keperluan belanja modal di tahun 2023.

Capex yang telah disiapkan ini telah digunakan untuk pengembangan bisnis perseroan di tahun ini.

Sampai dengan kuartal 3 ini perseroan fokus pada pengembangan bisnis yang saat ini sudah dijalankan Perseroan.

Baca juga: Rukun Raharja Catatkan Peningkatan Kinerja Siginifikan pada Semester I Tahun 2022

Direktur Pengembangan Bisnis Rukun Raharja Sumantri Suwarno, mengatakan adapun proyek yang sudah berjalan pada tahun 2023 ini adalah pembangunan mother station (CNG) di Grobogan Jawa Tengah, proyek pembangunan pipa gas PT IKPP di Riau, proyek eksplorasi blok minyak di wilayah Sumatera dan pembelian hak partisipasi blok minyak di wilayah Sumatera.

Sebelum menutup sesi paparan publik ini, Direktur Utama Rukun Raharja Maulidi menyampaikan terkait beberapa strategi dan inisiatif perseroan.

Diantaranya adalah dengan melakukan akselerasi pengembangan bisnis yang ekspansif serta dan mengoptimalkan hasil investasi untuk memberikan nilai tambah kepada pemegang saham.

Selain itu disampaikan juga visi jangka panjang perseroan dimana perseroan tengah mempersiapkan pengembangan bisnis dan diversifikasi bisnis yang nantinya bertujuan untuk menciptakan nilai tambah yang lebih tinggi bagi perseroan dengan memasuki lini bisnis petrokimia dan energi baru terbarukan.

"Yang bukan hanya bermanfaat bagi lingkungan, tetapi juga menguntungkan secara finansial untuk para pemegang saham," ujarnya.

Pada iklim investasi yang sangat kompetitif saat ini perseroan terus meningkatkan kompetensi di setiap bidang usaha yang dimiliki perseroan.

Oleh karenanya perseroan mengajak investor untuk memberikan dukungan penuh kepada perseroan dengan terus mempercayakan investasi yang dimiliki untuk dikelola oleh Perseroan.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas