Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Perangi Krisis Pangan di Indonesia Lewat Inovasi Pertanian Modern

Teknologi pertanian terbaru memungkinkan kegiatan pertanian dilakukan di daerah perkotaan dengan metode ini.

Penulis: Wahyu Gilang Putranto
zoom-in Perangi Krisis Pangan di Indonesia Lewat Inovasi Pertanian Modern
Tribunnews/ist
Teknologi pertanian terbaru, vertical ZIP container 

TRIBUNNEWS.COM - Seiring terjadinya perubahan iklim, adanya wabah, kenaikan biaya, hingga berbagai konflik yang ada membuat krisis pangan di dunia semakin terancam.

Belum lagi dengan kesulitan operasional di darat, krisis pupuk, minimnya lahan pertanian semakin mempersulit akses produk pangan yang sehat dan berkualitas.

Hal itu yang melatarbelakangi berdirinya Leafy, perusahaan pertanian vertikal di urban space yang menawarkan inovasi kepada industri pertanian modern, oleh Anthony Putihrai, Jacob Suryanata, Albert Putihrai, Phan Danny Wijaya, Andrew Perwira dan Emilya Syam.

Leafy memulai produksi dan mengembangkan teknologi baru yang berfokus pada energi, air, dan penghematan ruang di rumah kaca.

Teknologi ini memungkinkan kegiatan pertanian dilakukan di daerah yang tidak dapat mendukung metode pertanian tradisional, seperti di daerah perkotaan.

Hasilnya microgreen (sayuran mikro) dan mesclun (salad campuran) bisa dimanfaatkan bagi perhotelan, resto, untuk menekan food cost.

"Visi Leafy adalah merevolusi metode pertanian tradisional dengan menyediakan sistem yang mampu mengatasi berbagai masalah pertanian, seperti kesulitan lahan, kekeringan, dan perubahan iklim," ujar Anthony Putihrai melalui keterangan tertulis, Kamis (30/11/2023).

Baca juga: Berharap Pertanian Tumbuh, Capres Anies Baswedan Tegaskan Ingin Kembangkan Contract Farming

BERITA TERKAIT

Melalui platform produk dan layanan yang lengkap, Leafy berdedikasi menyediakan akses mudah bagi semua orang untuk mendapatkan makanan segar dan bebas pestisida.

Teknologi yang dipakai ialah “Growtainer”, yaitu sistem pertanian dalam ruangan yang dibangun menggunakan wadah di mana teknologi ini memungkinkan kegiatan budidaya hidroponik dilakukan dimana saja, tanpa bergantung pada perubahan iklim, cuaca, sinar matahari, ancaman hama, atau kondisi geografis.

Sehingga hasil panen menjadi lebih stabil dan konsisten dan hingga aspek sustainability (keberlanjutan) tercapai.

Teknologi pertanian terbaru memungkinkan kegiatan pertanian dilakukan di daerah perkotaan.
Teknologi pertanian terbaru memungkinkan kegiatan pertanian dilakukan di daerah perkotaan. (ist)

Adapun Leafy menawarkan 2 jenis sistem penanaman untuk melengkapi sistem Growtainer tersebut, yaitu Vertical ZIP Container dan Racks System.

1. Vertical ZIP Container

Sistem ini memberikan efisiensi dalam budidaya hidroponik dengan memanfaatkan spons dan flanel sebagai media tanam, serta mengembangkan teknologi lain untuk mendukung pertumbuhan tanaman secara vertikal.

Penyediaan nutrisi dilakukan secara optimal menggunakan sistem Dripper, dimana air diperoleh dari atas melalui spons dan kain flanel.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas