Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kaleidoskop 2023: Proyek Whoosh Banyak Kendala dan Kini Jadi Kereta Cepat Pertama di Asia Tenggara

Kereta Cepat Whoosh menandai modernisasi transportasi massal di Indonesia yang efisien, ramah lingkungan, dan terintegrasi dengan moda transportasi.

Penulis: Nitis Hawaroh
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Kaleidoskop 2023: Proyek Whoosh Banyak Kendala dan Kini Jadi Kereta Cepat Pertama di Asia Tenggara
Tribunnews/JEPRIMA
Kereta Cepat Whoosh saat berangkat menuju Bandung dari Stasiun Halim Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB), Jakarta Timur. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Nitis Hawaroh

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Pemerintah Republik Indonesia telah meresmikan Kereta Cepat Jakarta Bandung di Stasiun Halim, Jakarta Timur pada Senin (2/10/2023) lalu.

Kala itu, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ditemani Iriana Jokowi meresmikan langsung moda transportasi yang menghubungkan dua provinsi itu.

Sederet Menteri Indonesia Maju pun turut hadir, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri BUMN Erick Thohir dan beberapa pejabat tinggi lainnya.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa Kereta Cepat Jakarta Bandung ini diberi nama Whoosh. Jokowi juga menjelaskan bahwa Whoosh merupakan singkatan dari Waktu Hemat Operasi Optimal Sistem Hebat.

Baca juga: 12 Tempat Wisata dan Kuliner Gratis Masuk Pakai Tiket Kereta Cepat Whoosh, Ketahui Caranya

"Ini diinspirasi dari suara yang melesat dari kereta berkecepatan tinggi ini dan singkatan dari waktu hemat operasi optimal sistem hebat," kata Jokowi saat peresmian di Stasiun Halim.

Kereta Cepat ini kata Jokowi, menandai modernisasi transportasi massal di Indonesia yang efisien, ramah lingkungan, dan terintegrasi dengan moda transportasi lainnya

BERITA TERKAIT

"Maupun terintegrasi dengan TOD transit oritented development," katanya.

Kereta dengan kecepatan 350 Km per jam tersebut, kata Jokowi merupakan hal baru bagi Indonesia.

Selain itu Jokowi mengungkapkan bahwa KCJB Whoosh merupakan moda transportasi pertama di Asia Tenggara.

"Kereta Cepat Jakarta-Bandung ini merupakan kereta cepat pertama di Indonesia dan pertama di Asia Tenggara dengan kecepatan 350 kilometer per jam dan kereta cepat ini kita namakan Whoosh," tuturnya.

Kendala Awal Kereta Cepat Whoosh

Pada saat hari H peresmian Kereta Cepat Jakarta Bandung atau Whoosh, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan menceritakan berbagai kendala yang ditemui saat memulai pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung ini.

Menurut Luhut, permasalahan klasik kian muncul sejak dia ditunjuk Presiden melanjutkan proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung ini.

"Terus terang sejak kami menerima penugasan dari Presiden, untuk melanjutkan pembangunan proyek kereta api cepat pada akhir tahun 2019 ada banyak masalah dan kendala yang kami temukan," kata Luhut

Halaman
123
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas