Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Habis Nonton '13 Bom di Jakarta', Sandiaga Uno Bilang Film Indonesia Berpeluang Menang Piala Oscar

Sandi bilang, film-film Indonesia bisa turut berperan mempromosikan destinasi wisata ke masyarakat internasional.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Habis Nonton '13 Bom di Jakarta', Sandiaga Uno Bilang Film Indonesia Berpeluang Menang Piala Oscar
Tribunnews/Denis Destryawan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno usai acara nonton bersama film 13 Bom di Jakarta, Kamis (18/1/2024). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meyakini industri perfilman Indonesia akan meraih Oscar, ajang penghargaan tertinggi insan perfilman di Amerika Serikat, di masa datang.

Dia menyampaikan optimismenya tersebut usai menonton film 13 Bom Di Jakarta. Film yang dibintangi oleh Lutesha, Ganindra Bimo, Putri Ayudya, dan pemeran lain, telah menembus angka penonton 900 ribu. Usai menonton film penuh aksi itu, Sandiaga makin optomis Indonesia tinggal menunggu waktu untuk memenangkan Oscar.

"Harapannya pada satu saat, film Indonesia bisa memenangkan Oscar dan talenta-talenta terbaiknya diapresiasi di tingkat dunia. Saya sangat yakin, kita tinggal menunggu waktu," ujar Sandiaga di Senayan, Jakarta, Kamis (18/1/2024).

Dia bilang, pemerintah harus menciptakan ekosistem baik dari sumber daya manusia, regulasi, dan segala sesuatunya agar industri perfilman Indonesis semakin kuat ke depan.

"Karena untuk film ini tercipta seribu lebih lapangan kerja tadi diceritakandan kalau kita lihat, ini merupakan suatu komitmen yang sangat luar biasa," ujarnya.

Dia mengatakan, film-film Indonesia bisa turut berperan mempromosikan destinasi wisata. Sedangkan pemerintah memberikan insentif, serta kemudahan perizinan ketika syuting dilakukan di aset-aset milik pemerintah.

BERITA TERKAIT

"Sebagai sarana promosi pariwisata dan ekonomi kreatif kita bisa menampilkan karya-karya terbaik dari pelaku ekonomi kreatif Indonesia di film-film yang nanti akan go internasional," kata Sandiaga.

Baca juga: 7 Film Indonesia di Netflix pada Januari 2024, Ada Air Mata di Ujung Sajadah hingga Primbon

Senada, pemeran Karin di 13 Bom Di Jakarta, yakni Putri Ayudya optimis perfilman Indonesia bisa semakin mengharumkan nama bangsa di kancah internasional. Perlu dukungan pemerintah, terutama dalam kemudahan regulasi.

Baca juga: Lima Film Indonesia Diputar di Chengdu-Indonesia Film Festival 2023

"Kita selalu sadar bahwa film, membuka lapangan kerja yang banyak. Ini merupakan sebuah media sirkulasi ekonomi yang besar banget karena produksi film meningkat di Indonesia, semoga dengan dukungan pemerintah kita juga bisa berperan untuk perekonomian di Indonesia," ucap Putri.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas