Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Biaya Hidup di Kota Besar Mahal, Berikut Cara Menyiasatinya dari Perencana Keuangan

Perencana keuangan Rista Zwestika memberikan tips mengelola gaji bulanan untuk masyarakat yang tinggal di kota-kota besar dengan biaya hidup tinggi.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Biaya Hidup di Kota Besar Mahal, Berikut Cara Menyiasatinya dari Perencana Keuangan
ISTIMEWA
ILUSTRASI - Setiap orang sebaiknya memiliki dana darurat yang sewaktu-waktu dapat digunakan untuk keperluan mendesak seperti saat mengalami kecelakaan atau kehilangan pekerjaan. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Perencana Keuangan sekaligus Head of Advisory and Investment Operations PINA, Rista Zwestika memberikan tips mengelola gaji bulanan untuk masyarakat yang tinggal di kota-kota besar dengan biaya hidup tinggi.

Rista mengatakan, hal pertama yang penting dilakukan adalah dengan membuat anggaran bulanan. Catat semua pendapatan dan pengeluaran, termasuk kebutuhan pokok seperti sewa tempat tinggal, makan, transportasi, dan tagihan.




"Kemudian, susun anggaran yang realistis dengan mengalokasikan dana untuk setiap kategori pengeluaran," ujar Rista saat dihubungi Tribunnews, Jumat (8/3/2024).

Kedua, pastikan kebutuhan pokok terpenuhi terlebih dahulu sebelum membelanjakan uang untuk hal-hal lain. Prioritaskan kebutuhan seperti sewa tempat tinggal, makan, dan transportasi.

"Ketiga, carilah cara untuk menghemat pengeluaran. Beberapa tipsnya, masak sendiri makanan daripada makan di luar," tutur Rista.

Hal tersebut, termasuk menggunakan transportasi umum atau bersepeda daripada naik kendaraan pribadi.

BERITA TERKAIT

Cari tempat tinggal yang lebih murah atau tinggal bersama teman. Manfaatkan promo dan diskon saat berbelanja Hindari pembelian impulsif.

"Keempat, penting untuk menyisihkan uang untuk tabungan dan dana darurat. Tabungan dapat digunakan untuk tujuan jangka panjang seperti membeli rumah atau pensiun," ujarnya.

"Sedangkan dana darurat dapat digunakan untuk keperluan mendesak seperti kecelakaan atau kehilangan pekerjaan," imbuh Rista.

Jika memungkinkan, kata Rista, carilah penghasilan tambahan untuk meningkatkan pendapatan. Dapat mencari pekerjaan sampingan atau memulai bisnis kecil.

"Konsultasikan dengan ahli keuangan, jika merasa kesulitan mengelola keuangan. Mereka dapat membantu membuat anggaran yang realistis dan memberikan saran untuk mengelola keuangan dengan lebih baik," tutur Rista.

Baca juga: Jangan Tergoda Habiskan Uang THR untuk Hal Tak Penting, Ini Kiatnya dari Perencana Keuangan

Berdasarkan data survei biaya hidup (SBH) 2022 yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan biaya hidup di Jakarta mencapai Rp14,88 juta per bulan, jumlah ini tertinggi di Indonesia.

Dibandingkan periode pencatatan sebelumnya di 2018, biaya hidup di Jakarta naik 10 persen.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Populer

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas