Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Pertamina Pastikan Subholding dan Anak Usaha Siap Layani Kebutuhan Energi Lebaran 2024

Pertamina meluncurkan Satuan Tugas Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 1445 H/2024 M yang bertugas sejak 25 Maret hingga 21 April 2024.

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Pertamina Pastikan Subholding dan Anak Usaha Siap Layani Kebutuhan Energi Lebaran 2024
Endrapta Pramudhiaz
Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso dalam acara buka bersama di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (27/8/2024). 

Pertamina Pastikan Subholding dan Anak Usaha Siap Layani Kebutuhan Energi Lebaran 2024

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dalam rangka mudik Lebaran 2024, Pertamina memastikan seluruh subholding dan anak usahanya siap melayani kebutuhan energi ke seluruh pelosok negeri.




Pertamina pun meluncurkan Satuan Tugas Ramadan dan Idulfitri (RAFI) 1445 H/2024 M yang bertugas sejak 25 Maret hingga 21 April 2024.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan seluruh anak usaha Pertamina dari hulu, pengolahan, hingga hilir siap menyukseskan Satgas RAFI 2024.

“Kita baru saja melakukan kick off Satgas RAFI pada 25 Maret 2024. Satgas RAFI bertujuan menjamin pasokan BBM, LPG dan Avtur agar tersedia dengan baik di seluruh Indonesia,” kata Fadjar di Jakarta, Rabu (27/3/2024).

Baca juga: Persoalan BBM Jelang Arus Mudik: Pertalite Tak Lagi Dijual, SPBU Curang Hingga Bensin Dicampur Air

Fadjar mengatakan, di sektor hulu, melalui PT Pertamina Hulu Energi, produksi migas dari empat regional yang dikelola yang tersebar di Sumatera, Jawa, Kalimantan dan Indonesia Timur serta 13 zona di luar negeri, terus dijaga.

BERITA TERKAIT

Secara total, produksi migas Pertamina sudah menembus 1 juta barrel equivalent atau setara minyak dan gas.

Dengan jaminan dari sisi hulu tersebut, Fadjar mengatakan, secara langsung akan membantu menjamin keamanan pasokan produksi BBM dan LPG.

Di sektor pengolahan, secara kontinu dilakukan optimasi kilang oleh PT Kilang Pertamina Internasional.

Pertamina saat ini telah mengamankan stok minyak mentah serta melakukan optimasi kapasitas pengolahan.

Secara keseluruhan, kesiapan kapasitas pengolahan kilang disebut telah mencukupi untuk produksi BBM guna memenuhi kebutuhan pada momen Ramadan – Idulfitri.

Di sisi pengangkutan minyak mentah dan BBM serta LPG yang digawangi PT Pertamina International Shipping, Pertamina telah menyiagakan 318 kapal tanker dan tambahan 8 vessel buffer selama periode Satgas RAFI 2024.

Ujung tombak bisnis hilir Pertamina, PT Pertamina Patra Niaga, diklaim telah siap mengamankan stok nasional, baik produk BBM maupun LPG selama periode mudik dan libur Lebaran.

Selama masa Satgas RAFI, Pertamina menyiagakan ribuan SPBU Siaga 24 jam, Kiosk Pertamina Siaga, Motorist, Mobil Tangki Standby, Agen LPG Siaga dan Serambi Pertamina.

Halaman
12
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas