Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Perusahaan Air Minum Gelar Safari Ramadan di 50 Masjid dan 69 Pesantren

Menyambut Ramadan 1445 Hijriah ini, perusahaan air minum Aqua menggelar kegiatan Safari Ramadan bekerja sama dengan sejumlah komunitas Muslim

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Perusahaan Air Minum Gelar Safari Ramadan di 50 Masjid dan 69 Pesantren
Istimewa
Kegiatan kajian sebagai rangkaian Safari Ramadan Aqua bekerja sama dengan sejumlah komunitas Muslim di Indonesia. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menyambut Ramadan 1445 Hijriah ini, perusahaan air minum Aqua menggelar kegiatan Safari Ramadan bekerja sama dengan sejumlah komunitas Muslim di Indonesia di 50 masjid dan 69 pesantren.

Kegiatan ini tersebar di 6 provinsi meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Aceh, dan Sumatera Utara.

Baca juga: Bikin Bangga, Indonesia Ukir Prestasi di Ajang EA Sports FC Mobile Ramadan Turnament Arab Saudi

Vera Galuh Sugijanto, VP General Secretary Danone Indonesia mengatakan, kegiatan Safari Ramadan ini diisi dengan berbagai kegiatan keislaman diantaranya kajian Ramadan di sejumlah masjid seperti Masjid Istiqlal, Masjid Cut Meutia, Masjid Agung Sunda Kelapa, Masjid An Nahdlah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Universitas Muhammadiyah Jakarta dan Masjid Raya Sheikh Zayed Solo.

Perusahaan juga menyediakan 1 juta botol air mineral untuk kebutuhan berbuka puasa di lingkungan masjid.

Kegiatan lainnya yang mewarnai Safari Ramadan ini adalah pasar sembako murah untuk memenuhi kebutuhan pangan yang murah dan berkualitas bekerja sama dengan MCMI dan Yayasan Alma melalui penyaluran 17.000 paket sembako.

Perusahaan juga menyerahkan mobil pengangkut sampah kepada pengurus Masjid Istiqlal, Jakarta.

BERITA TERKAIT

Bukhori Sail Attahiri, Kepala Bidang Peribadatan Masjid Istiqlal, menyampaikan pihaknya mengapresiasi upaya kolaboratif pengelolaan sampah dengan Aqua sebagai mitra.

"Program ini sangat bermanfaat bagi kami karena kami menghasilkan jumlah sampah yang sangat besar, terutama
selama bulan Ramadan. Kami berharap program ini dapat menjadi contoh bagi masjid-masjid lain di Indonesia untuk melakukan hal serupa," ujarnya.

Dia menjelaskan, program pengolahan sampah ini akan memperlancar proses pembuangan limbah sehinga sampah dapat terkelola dengan baik, terlebih produksi sampah di Masjid Istiqlal bisa mencapai 2 truk dalam sehari.

Bukhori berharap kegiatan ini dapat dicontoh seluruh masjid di Indonesia. "Kita dapat semakin mempererat dan mengembangkan kerja sama yang baik ke depannya,” ungkap Bukhori.

Baca juga: Johan A Hutauruk: JEC Berbagi Kebaikan Ramadan Tak Hanya Khususkan Dukungan Pada Kesehatan Mata

Dukungan serupa juga disampaikan Kepala Bidang Peribadatan Masjid Istiqlal, Wishnu Dewanto, Ketua Umum PB MCMI sekaligus Wakil Ketua Pengurus Yayasan Masjid Cut Meutia, Jakarta.

"Dengan berbagai kegiatan yang menyasar sektor yang krusial dan menyentuh masyarakat secara langsung, kita berharap dapat memberi manfaat yang maksimal bagi masyarakat Indonesia,” jelas Wishnu.

Vera mengatakan, untuk endukung upaya kemanusiaan bagi korban agresi Israel di Palestina, AQUA bekerja sama Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) melalui penyerahan donasi kemanusiaan tahap kedua.

Bersama sejumlah mitra di Sumatera Barat, pihaknya juga menyerahkan dukungan materi melalui Badan Amil Zakat Nasional, Sumatera Barat. Hingga saat ini, total donasi untuk Palestina yang mereka salurkan mencapai lebih dari Rp 4 miliar.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas