Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Transformasi BRI: Bank 'Desa' yang Kini Digemari Gen Z untuk Bayar Jajan Kekinian hingga Investasi

“Sebenarnya di BRImo mau ngapain saja bisa, tapi di BRI 24 tambah lengkap dengan cetak ATM mandiri, penting hafal nomor rekening dan bawa e-ktp."

Penulis: Imam Saputro
Editor: Facundo Chrysnha Pradipha
zoom-in Transformasi BRI: Bank 'Desa' yang Kini Digemari Gen Z untuk Bayar Jajan Kekinian hingga Investasi
TribunSolo/Imam Saputro
BRI 24 Solo Slamet Riyadi, layanan yang baru tersedia di lima kantor cabang BRI di seluruh Indonesia, nasabah bisa setor tunai, ganti kartu ATM baru hingga video call dengan cs gratis. 

TRIBUNNEWS.COM -  Jari Muhammad Arifin berpindah dari satu tombol ke tombol lainnya mengetikkan 15 angka seperti nomor rekening seperti yang tertera di aplikasi BRImo miliknya.

Tak lama kemudian ia menempelkan e-KTP-nya ke mesin dilanjutkan dengan memindai sidik jari telunjuknya pada tempat yang disediakan untuk memverifikasi identitas.

Tak sampai semenit, setelah memilih jenis kartu, sebuah kartu ATM BRI baru muncul dari Replacement Card Machine (RCM) di BRI 24, di halaman kantor BRI Solo Slamet Riyadi.

“Ganti kartu baru, karena ATM lama hilang, ini sekalian lewat BRI Slamet Riyadi, jadi bisa ganti sendiri,” kata pria yang akrab dipanggil Afin ini kepada Tribunnews.com, Minggu, 7 April 2024.

Afin yang tinggal di Pati ini tengah dalam perjalanan mudik menuju kota kelahiran orang tuanya di Kopeng, Kabupaten Magelang.

“Sebenarnya ATM hilang sudah lama, sebelumnya pakai BRImo untuk tarik tunai, tapi nanti di tempat mbah takutnya sinyal susah untuk buka BRImo, jadi ganti ATM disini,” ungkapnya.

Ia mengaku sudah mencari informasi terkait penggantian kartu ATM secara mandiri di internet.

BERITA REKOMENDASI

“Tadi pas di jalan baru ingat kalau kartu ATM gak ada, lalu Googling, ternyata di BRI 24 Solo bisa ganti ATM secara mandiri dan kebetulan dilewati juga dalam perjalanan mudik, jadi sekalian,” kata dia.

Pria 27 tahun ini mengandalkan BRImo untuk keperluan sehari-hari, termasuk tarik tunai tanpa kartu, sehingga ia tak begitu khawatir kartu ATM-nya hilang beberapa bulan sebelumnya.

“Pas ATM hilang juga langsung saya blokir dari BRImo, menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” kata dia.

Selain untuk keperluan transaksi uang, Afin juga memanfaatkan BRImo untuk membayar zakat di penghujung ramadan 2024 kemarin.

“Terakhir pakai BRImo yang QRIS buat bayar bensin, top up kartu toll,  sebelumnya saya zakat dan sedekah juga sering ke BAZNAS via BRImo,” kata dia.

Afin yang sehari-hari berprofesi menjadi perajin kaligrafi ini juga menggunakan BRImo untuk layanan jual beli sehari-hari di galerinya yang terletak di dearah Semampir, Pati ini.

BRI berinovasi dengan menghadirkan layanan transaksi dan pembayaran QRIS memakai kartu kredit BRI melalui aplikasi super apps BRImo
BRI berinovasi dengan menghadirkan layanan transaksi dan pembayaran QRIS memakai kartu kredit BRI melalui aplikasi super apps BRImo (istimewa)

“Kalau ada transferan langsung ada notif, itu mempermudah dan mempercepat transaksi,” terangnya.

Halaman
1234
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas