Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Wirausahawan Berbagai Daerah Unjuk Kreativitas di Bootcamp AKI 2024

Ada 410 merek UMKM dari seluruh Indonesia yang lolos mengikuti fase Bootcamp di program ini yang disaring dari 6.680 ribu pendaftar

Penulis: Choirul Arifin
Editor: Sanusi
zoom-in Wirausahawan Berbagai Daerah Unjuk Kreativitas di Bootcamp AKI 2024
HO
Bootcamp Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Choirul Arifin

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sejak dimulai pada 23 April 2024, program akselerator Bootcamp Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 sudah berlangsung di 8 kota meliputi Bekasi, Serang, Denpasar, Magelang, Singkawang, Blitar, Palu dan Toba.

Pelaksanaan Bootcamp di masing-masing kota berlangsung selama 3 hari, dari total 12 kota yang ditargetkan kegiatan Bootcamp akan rampung pada 30 Mei 2024.

Pada hari pertama, materi yang disampaikan mencakup Hak Kekayaan Intelektual, Pitching & Presentasi, dan Pengelolaan Keuangan.

Baca juga: Bekasi dan Serang Tuan Rumah Kick-Off Fase Bootcamp AKI 2024

Kemudian hari kedua diisi dengan materi Produk Review & Branding, Marketplace & Promosi Digital, Design Thinking & Business Model, serta Legalitas & Standardisasi Usaha. Sebagai penutup, di hari terakhir peserta akan mengikuti materi Sosialisasi E-katalog dan Coaching Clinic & Mentoring.

Beberapa peserta merasakan manfaat setelah mengikuti Bootcamp. Seperti yang disampaikan Risa, pemilik The Cold Crafters. Pemilik produsen kopi cold brewery ini menilai materi-materi yang dipaparkan di bootcamp bagus, sangat relevan, aplikatif.

"Para mentor memberikan banyak tips dan trik, dan disampaikan dengan cara yang komunikatif,” ungkap Risa dikutip Senin, 20 Mei 2024.

BERITA TERKAIT

Kesan yang sama juga dirasakan Rici Narita, owner Narita Bakesasal Kalimantan.

"Bagi saya ajang ini bagus banget. Disini saya tidak hanya ketemu teman-teman baru dari sekitar Kalimantan, tapi juga dari luar. Di AKI saya juga mendapat banyak materi baru yang saya belum tahu, seperti materi design thinking and business model yang disampaikan Pak Dwi Purnomo," ungkapnya.

Ada 410 merek UMKM dari seluruh Indonesia yang lolos mengikuti fase Bootcamp di program ini yang disaring dari 6.680 ribu pendaftar yang sudah masuk, dan dibagi dalam tujuh subsektor ekraf, diantaranya, kuliner, kriya, fesyen, aplikasi, gim, musik dan film.

Beragam kreativitas juga muncul dari para peserta Bootcamp AKI 2024 di semua subsektor. Berikut beberapa jenama yang memiliki keunikan.

Baca juga: Ketua MPR RI Apresiasi Mata Lokal Fest 2024, Harap Pengusaha UMKM Tak Beralih Jadi Importir 

Misalnya dari Balibel Jam, merek kuliner dari Bali yang fokus memproduksi selai (jam) rumahan dengan bahan pemanis rendah gula dan bahan baku alami, sesuai untuk mereka yang sedang diet atau menganut pola hidup sehat.

Begitu juga yang ditunjukkan Nu'kieu, produsen kerajinan berbahan baku bambu tanpa bahan pengawet dan kimia dalam proses pengerjaannya, sehingga ramah lingkungan.

Beberapa produk handmade andalan UMKM asal Bogor ini antara laini mug, tumbler, cangkir, teko, dan lain-lain

Begitu juga seperti yang ditunjukkan ARF Racewear, produsen sepatu balap dan hand gloves secara handmade. Saat ini brand ini rutin mengekspor produknya ke luar negeri seperti Malaysia, Brunei, USA, Italia dan negara Eropa lainnya.

Inovasi lainnya dihadirkna aplikasi Cucicair di layanan cuci dan salon mobil.

“Kami memiliki misi mengurangi cost usaha yang selama ini menjadi problem mereka, melalui aplikasi online mudah digunakan, sehingga menciptakan lapangan kerja baru kedepannya”, ulas Syakib Bachmid, pemilik Cucicair.

Setelah Fase Bootcamp yang tinggal menyisakan 4 kota lagi yakni Ternate, Tanjung Pinang, Labuan Bajo dan Merauke, tahapan berikutnya adalah bagi para peserta terpilih akan ikut dalam pameran yang akan berlangsung di masing-masing kota dan kabupaten di akhir bulan Mei hingga Agustus 2024.

Kegiatan ini akan ditutup dengan tahapan akhir dari rangkaian kegiatan AKI 2024 dengan Malam Puncak yang akan diadakan di Jakarta di bulan September 2024.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas