Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Profil Semuel Abrijani Pangerapan, Pejabat Kominfo yang Mundur dari Jabatannya Gara-gara Masalah PDN

Ia merupakan lulusan S1 Jurusan Administrasi Bisnis minor Informasi Pengelolaan, California State University, Amerika Serikat.

Penulis: Bambang Ismoyo
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Profil Semuel Abrijani Pangerapan, Pejabat Kominfo yang Mundur dari Jabatannya Gara-gara Masalah PDN
HO
Semuel Abrijani Pangerapan. Ia resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Ismoyo

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Semuel Abrijani Pangerapan resmi mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Pengunduran ini lantaran dirinya merasa gagal dalam menangani permasalahan eror-nya Pusat Data Nasional (PDN) buntut serangan ransomware pada 20 Juni 2024.

Adapun, hingga kini PDN masih belum pulih sepenuhnya, sehingga sejumlah layanan masih terdampak.

Baca juga: BREAKING NEWS: Pejabat Kominfo Mengundurkan Diri Akibat Serangan Ransomware Pusat Data Nasional

"Sebagai jujur pengampu dalam proses transformasi pemerintahan secara teknis. Jadi saya mengambil tanggung jawab ini secara moral dan saya menyatakan harusnya selesai di saya. Karena ini adalah masalah yang harusnya saya tangani dengan baik," ungkapnya dalam konferensi pers yang berlangsung di Kantor Kominfo, Jakarta, Kamis (4/7/2024).

Berikut ini profil Semuel Abrijani Pangerapan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribunnews dari berbagai sumber, Semuel Abrijani Pangerapan merupakan pria kelahiran Makassar, Sulawesi Selatan, pada 27 Desember 1964.

Ia merupakan lulusan S1 Jurusan Administrasi Bisnis minor Informasi Pengelolaan, California State University, Amerika Serikat.

BERITA TERKAIT

Kemudian ia melanjutkan S2 Jurusan Manajemen konsentrasi Manajemen Strategis, Universitas Pancasila, DKI Jakarta, Indonesia.

Sebelumnya, ia juga pernah menjabat pada kursi tertinggi di PT Jasnita Telekomindo sebagai Presiden Direktur.

Jasnita Telekomindo sendiri merupakan perusahaan berbasis di Indonesia yang terutamanya bergerak dalam penyediaan layanan teknologi informasi terintegrasi.

Tak hanya sebagai pejabat di Pemerintahan, Semuel juga aktif di berbagai organisasi.

Seperti Anggota Dewan Pengawas PERURI, Ketua ASEAN Telecommunications and Information Technology Senior Officials Meeting, dan Kepala Delegasi ASEAN Telecommunications and IT Ministers Meeting (TELMIN).

Dirinya juga tercatat memperoleh beragam sertifikat keahlian seperti Asia Pacific Regional Internet Conference on Operational Technologies (APRICOT), GSM 2005 Congress, Training ICT Indicators and Statistics.

Kemudian juga sertifikat ASEAN TELMIN/ ASEAN TELSOM, Internet Governance Forum (IGF), ITU/NTBC Regional Forum and Training Workshop on Telecommunication, hingga Leadership Training Level I Lembaga Administrasi Negara.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas