Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Selain Menghemat Devisa, Sertifikasi TKDN Produk dan Jasa Tumbuhkan Rasa Bangga Gunakan Produk Lokal

Sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sangat penting untuk dimiliki produk suatu badan usaha guna mendorong pertumbuhan ekonomi negara.

Penulis: Eko Sutriyanto
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Selain Menghemat Devisa, Sertifikasi TKDN Produk dan Jasa Tumbuhkan Rasa Bangga Gunakan Produk Lokal
Eko Sutriyanto/Tribunnews.com
Produk Nuscaco Anti Korosi Indonesia yakni Vinyl Ester Glass Flake dinyatakan memenuhi sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) karena ini diproduksi menggunakan bahan baku lokal dan melalui proses produksi dalam negeri 

Laporan Wartawan Tribunnews.com Eko Sutriyanto

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) sangat penting untuk dimiliki produk suatu badan usaha guna mendorong pertumbuhan ekonomi negara.

Penerapan TKDN memberikan berbagai dampak positif, seperti menghemat devisa negara, pengolahan sumber daya dalam negeri secara efektif.

"Bukan hanya itu, penerapan TKDN juga membuka lapangan pekerjaan, hingga menumbuhkan rasa bangga menggunakan produk lokal," kata Founder dan CEO PT Nuscaco Anti Korosi Indonesia (Naki), Fitra Tinaz kepada wartawan belum lama ini.

Baca juga: Genjot Industri Kreatif, Creative Fest Hadirkan Sederet Produk Lokal Jempolan

Belum lama ini, salah satu produk Naki, Vinyl Ester Glass Flake dinyatakan memenuhi sertifikasi Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) karena ini diproduksi menggunakan bahan baku lokal dan melalui proses produksi dalam negeri.

Fitra mengatakan, pihaknya telah memberikan dukungan akan TKDN dengan menggandeng tenaga kerja lokal yang profesional dan berpengalaman, terdiri dari ahli kimia dan insinyur bersertifikasi dilengkapi dengan peralatan kerja canggih.

"Juga berbagai fasilitas laboratorium yang memadai untuk memberikan produk dan layanan terbaik kepada konsumen," katanya.

BERITA TERKAIT

Naki, kata dia menghadirkan produk coating yang dibuat dengan bahan baku dan sumber daya lokal yang diproduksi langsung di dalam negeri, sehingga konsumen tak perlu bergantung pada produk impor.

"Hadirnya Naki sebagai perusahaan produk coating lokal turut berperan sebagai pendorong ekonomi dalam negeri.

Ketersediaan produk Naki berhasil meminimalisir ketergantungan atas produk impor, sebab telah tersedia produk buatan lokal yang mudah didapatkan oleh konsumen Indonesia," katanya.

Baca juga: Dorong UMKM Tingkatkan Kualitas Produk Lokal, Pemprov Kalteng Gelar Kalteng Expo 2024

Dalam 10 tahun terakhir, berbagai pihak seperti PLN, LNG Pertamina, Kaltim Prima Coal, hingga kontraktor pengembang apartemen Pakubuwono dan Taman Rasuna menjadi langganan.

"Kini produk dan layanan jasa kami bisa didapatkan dengan mudah berkat hadirnya Naki di Jakarta, Gresik, Balikpapan, dan Palembang," katanya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas