Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kementerian PUPR Sebut Jarak Tempuh Balikpapan-IKN Hanya 70 Menit Saat HUT ke-79 RI

Rute yang bisa diambil jika akan menuju KIPP dari Balikpapan saat upacara 17 Agustus nanti dengan menggunakan Jalan Tol IKN yang akan difungsionalkan.

Penulis: Endrapta Ibrahim Pramudhiaz
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Kementerian PUPR Sebut Jarak Tempuh Balikpapan-IKN Hanya 70 Menit Saat HUT ke-79 RI
Kementerian PUPR
Ilustrasi. Rute yang bisa diambil jika akan menuju KIPP dari Balikpapan saat upacara 17 Agustus nanti dengan menggunakan Jalan Tol IKN yang akan difungsionalkan. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Endrapta Pramudhiaz

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Akses menuju Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Nusantara (IKN) dari Balikpapan disebut hanya akan memakan waktu sepanjang 70 menit dari sebelumnya dua jam.

Untuk upacara HUT RI ke-79 nanti, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkap akan ada beberap ruas jalan tol yang diberlakukan fungsional.




"Konektivitas ke KIPP dari Balikpapan kalau rute awal, yang sekarang menggunakan jalan provinsi, reguler sih dua jam," kata Ketua Satgas Perencanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Kementerian PUPR Imam Santoso Ernawi dalam konferensi pers secara daring, Kamis (11/7/2024).

Baca juga: Belum Rampung, Sejumlah Infrastruktur di IKN Bakal Difungsionalkan untuk Perayaan HUT ke-79 RI

"Tapi kita sedang menyiapkan nanti untuk 17-an itu akses dari Balikpapan ke KIPP dapat ditempuh 70 menit dengan memanfaatkan beberapa seksi jalan tol yang akan tersambung dengan jalan eksisting yang melewati jembatan Pulau Balang," lanjutnya.

Imam kemudian menjelaskan rute yang bisa diambil jika akan menuju KIPP dari Balikpapan saat upacara 17 Agustus nanti dengan menggunakan Jalan Tol IKN yang akan difungsionalkan.

Diketahui, pembangunan Jalan Tol IKN yang saat ini sedang berjalan terdapat tiga seksi.

BERITA TERKAIT

Ada Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km.

Imam mengatakan, dari jalan eksisting di Balikpapan, masuk ke tol Seksi 3A. Dari situ, lanjut ke tol Seksi 3B, dan masuk ke tol Seksi 5A.

Setelah itu, masuk ke Jembatan Pulau Balang Panjang untuk menuju ke jalan akses tengah Pulau Balang, berlanjut ke Jembatan Pulau Balang Pendek, dan baru masuk ke Jalan Akses Bandara VVIP.

Dari Jalan Akses Bandara VVIP, berlanjut ke Jalan Bebas Hambatan Segmen 5B, baru masuk lagi ke jalan eksisting untuk akhirnya menuju KIPP.

"Nah, jadi kalau untuk akses, sebetulnya bisa kalau ingin yang santai tadi bisa lewat 2 jam lewat jalan provinsi. Kalau akses cepat lewat yang 70 menit," ujar Imam.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas