Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kebijakan Lintas Sektor Diperlukan untuk Kejar Target Net Zero Emission 2050

PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) mendukung gelaran RD20 Summer School yang diselenggarakan BRIN.

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Choirul Arifin
zoom-in Kebijakan Lintas Sektor Diperlukan untuk Kejar Target Net Zero Emission 2050
dok.
PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) mendukung gelaran RD20 Summer School bertajuk Keberagaman Pengetahuan tentang Dekarbonisasi dalam Mekanisme Transisi Energi yang Berkeadilan yang diselenggarakan BRIN. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) mendukung gelaran RD20 Summer School bertajuk Keberagaman Pengetahuan tentang Dekarbonisasi dalam Mekanisme Transisi Energi yang Berkeadilan.

Kegiatan ini diselenggarakan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang merupakan anggota dari RD20 Summer School.

"Ini merupakan event internasional yang diikuti oleh para peneliti muda (RD20) dari negara-negara anggota G20," kata Ketua Koordinator PMO Bisnis Hijau IDSurvey Annisa Ayu Soraya ditulis Selasa (16/7/2024).




Menurutnya, kegiatan ini sejalan dengan pencapaian target Nationally Determined Contribution (NDC) dan Net Zero Emission atau emisi nol bersih.

Apalagi beragam penelitian meminta untuk menghindari dampak terburuk perubahan iklim, yakni gas rumah kaca harus turun hingga setengahnya pada tahun 2030 dan mencapai NZE sekitar 2050.

"Pilihan kebijakan untuk mendukung NZE meliputi sektor energi, lahan, limbah dan fiskal," bebernya.

Sementara itu era di mana keberlanjutan dan transisi energi merupakan hal yang sangat penting, inisiatif ini berfungsi sebagai platform yang sangat penting.

BERITA TERKAIT

Dengan mengangkat berbagai tema seperti Transisi Energi Berkelanjutan, Penilaian Siklus Hidup, Ekonomi Sirkular, dan Pengelolaan Limbah.

"Hal ini membuka jalan menuju masa depan yang lebih seimbang secara ekologis," ucapnya.

Selain itu, dengan mengkaji topik-topik seperti Jaringan Cerdas, Kecerdasan Buatan untuk Transisi Energi, dan Sumber Daya Biomassa, program ini mengakui pentingnya inovasi dalam mendorong perubahan berkelanjutan.

Baca juga: Pertamina Percepat Transisi Energi Melalui Green Refinery di Cilacap

"Tidak hanya berhenti pada perkembangan teknologi saja; hal ini meluas ke aspek sosial dan ekonomi melalui diskusi mengenai Bangunan Ramah Lingkungan, Pembiayaan Inovatif, serta Penangkapan dan Penyimpanan Karbon," bebernya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas