Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Sampoerna Bersama Kadin Gelar Pesta Rakyat UMKM, Menko Perekonomian dan Menkop-UKM Beri Apresiasi

PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia baru saja menggelar Pesta Rakyat UMKM untuk Indonesia di Jakarta,

Penulis: Matheus Elmerio Manalu
zoom-in Sampoerna Bersama Kadin Gelar Pesta Rakyat UMKM, Menko Perekonomian dan Menkop-UKM Beri Apresiasi
ISTIMEWA
Pesta Rakyat UMKM untuk Indonesia di JCC Senayan, Jakarta, Senin (22/7/2024). 

TRIBUNNEWS.COM - PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) bersama Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia baru saja menggelar Pesta Rakyat UMKM untuk Indonesia di Jakarta, Senin (22/7/2024). Acara yang bertujuan untuk mendorong sektor UMKM lokal agar dapat menembus pasar global ini diapresiasi oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian dan Kementerian Koperasi dan UKM.

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memang sudah menjadi salah satu penopang ekonomi nasional, dengan sekitar 99 persen total unit usaha di Indonesia berkontribusi sebesar 60,51 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) serta menyerap hampir 97 persen dari total tenaga kerja di Indonesia.

Data dari laman resmi Kemenko Perekonomian, menjelaskan kontribusi UMKM terhadap ekspor nasional masih terbilang kecil (15,7 persen) dari negara tetangga seperti Singapura (41 persen) dan Thailand (29 persen). Maka itu, perlu adanya kolaborasi nyata dari semua pihak untuk meningkatkan kontribusi UMKM terhadap ekspor nasional.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto dalam pembukaan “Pesta Rakyat UMKM untuk Indonesia” di JCC Senayan, Jakarta, Senin (22/7/2024) menyinggung hal tersebut. Ia pun mengapresiasi langkah Kadin Indonesia dan Sampoerna yang terus mendukung dan memberdayakan pelaku UMKM.

“Saya sangat mengapresiasi langkah Kadin Indonesia dan Sampoerna untuk terus mendorong peningkatan kapasitas pelaku UMKM agar bisa naik kelas hingga merambah pasar global. Besar harapan saya melalui kegiatan seperti Pesta Rakyat UMKM ini dapat memunculkan berbagai bentuk kolaborasi baru untuk mendorong UMKM Indonesia menjadi bagian dari rantai pasok industri global,” ucap Airlangga.

Tidak hanya naik kelas, Airlangga menyebut, Presiden Joko Widodo berpesan bahwa UMKM juga perlu untuk merambah pasar global.

“Presiden Joko Widodo pernah berpesan agar UMKM kita tidak hanya harus terus naik kelas, go digital, menguasai pasar lokal, tetapi juga harus mampu go international untuk menembus pasar ekspor dan pasar global,” tutur Airlangga lagi.

BERITA TERKAIT

Apresiasi Menkop-UKM atas Langkah Sampoerna

Hadir pula mendampingi Menko Perekonomian, Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki yang turut memberi apresiasi terhadap kolaborasi yang diinisiasi oleh Sampoerna dan Kadin Indonesia untuk mendorong kapasitas ekspor UMKM INdonesia.

“Saya ingin mengapresiasi inisiatif kerja sama antara Sampoerna, KADIN, dan JETRO. Kita harus senantiasa mendorong ekspor UMKM meski tidak mudah. Oleh karena itu dibutuhkan agregasi dan kemitraan untuk membantu UMKM menembus pasar global,” ungkap Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM.

Baca juga: Pesta Rakyat UMKM untuk Indonesia: Sinergi Sampoerna Dorong Percepatan Transformasi Ekonomi Inklusif

Menurutnya, dengan bermitra bersama pelaku usaha besar, UMKM juga dituntut untuk konsisten menjaga kualitas dan kuantitas produknya.

“Saya tahu persis untuk ekspor perlu standardisasi dan kualitas produk terjaga. Nah, sebagian besar UMKM menghadapi masalah tersebut, sehingga perlu ada pendampingan. Jadi saya mau melihat kerja sama antara UMKM dengan pelaku usaha besar untuk masuk pasar global,” tutupnya.

Masih dalam kata sambutan acara Pesta Rakyat UMKM untuk Indonesia, Ketua Umum Kadin Indonesia Arsjad Rasjid mengatakan bahwa UMKM yang bertumbuh serta berorientasi ekspor akan memperkuat fundamental perekonomian nasional.

"Pesta Rakyat ini adalah momentum bagi kita semua untuk merayakan UMKM tulang punggung ekonomi bangsa kita. Kolaborasi yang dilakukan bersama Sampoerna di Pesta Rakyat UMKM untuk Indonesia hari ini merupakan salah satu wujud nyata dari kolaborasi dan sinergi, yang harus terus ditingkatkan untuk mengembangkan kapasitas UMKM nasional yang berdaya saing global dan berorientasi ekspor," ucap Arsjad Rasjid.

Dalam kesempatan ini, Arsjad turut memperkenalkan inisiatif dari Kadin Indonesia yakni AyoBerkadin! untuk seluruh UMKM.

“Lewat program AyoBerkadin, kami mengajak seluruh pelaku UMKM untuk bergabung menjadi anggota Kadin untuk mendapatkan edukasi, pengembangan kapasitas, pendampingan, konsultasi bisnis, jejaring, serta berkesempatan mengikuti pameran UMKM di tingkat nasional dan internasional," tuturnya.

Baca juga: Lewat SETC dan SRC, Sampoerna Bantu Secara Nyata Pertumbuhan Perempuan Wirausaha di Indonesia

Bina UMKM dengan Kolaborasi Model Multi-helix

Presiden Direktur PT HM Sampoerna Tbk. Ivan Cahyadi mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah sehingga pengembangan UMKM melalui program Sampoerna Retail Community (SRC) dan Entrepreneurship Training Center (SETC) bisa terus berkembang.

Sampoerna memang senantiasa berkomitmen menunjukkan perannya dalam mendampingi para pelaku UMKM, yang juga nantinya akan berkontribusi pada perekonomian nasional.

Untuk pemberdayaan UMKM, Sampoerna memiliki dua program unggulan di bawah Payung Program Keberlanjutan “Sampoerna Untuk Indonesia”, yakni SRC bagi toko kelontong dan SETC, yang sudah membina lebih dari 320.000 pelaku UMKM dari seluruh Indonesia sejak masing-masing diresmikan pada 2008 dan 2007 silam.

Melalui kerja sama riset oleh Tim Riset Kompas Gramedia 2023, SRC mencatat omzet toko secara keseluruhan sebesar Rp236 triliun pada tahun 2022 lalu. Angka ini setara dengan 11,36 persen dari PDB Retail Nasional.

Pada kesempatan ini, Ivan menegaskan bahwa kolaborasi dan sinergi mulai dari pemerintah hingga swasta merupakan kunci penting agar UMKM bisa berkembang lebih cepat dan terarah.

"Dalam membina UMKM, Sampoerna mengedepankan kolaborasi model multi-helix dengan melakukan kemitraan inklusif dengan pemerintah, organisasi dunia usaha, akademisi dan universitas, sektor swasta, serta tentunya media dan pemangku kepentingan lainnya. Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi kolaborasi yang telah tercipta dengan Kadin Indonesia di kegiatan Pesta Rakyat UMKM untuk Indonesia ini," ujarnya.

Akhir kata, Ivan selaku Presiden Direktur Sampoerna juga menyampaikan harapannya agar UMKM binaan Sampoerna dapat berkembang menjadi perusahaan besar dan berkontribusi signifikan bagi perekonomian Indonesia di masa mendatang.

“Sampoerna sendiri berasal dari UMKM dan hari ini, saya antusias membayangkan ratusan ribu UMKM binaan kami dan ribuan UMKM yang hadir di sini, suatu hari nanti, akan menjadi Sampoerna-sampoerna berikutnya yang dapat berkontribusi signifikan bagi perekonomian nasional,” tutup Ivan.

Baca juga: Gelar Pesta Rakyat, Sampoerna Wujudkan Konsistensi Dukung Kemajuan UMKM Indonesia

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of

asia sustainability impact consortium

Follow our mission at sustainabilityimpactconsortium.asia

Admin: Sponsored Content
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di

Wiki Terkait

© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas