Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Jokowi Namakan Kantor Presiden di IKN Jadi Istana Garuda

Presiden memberikan nama Kantor Presiden dengan sebutan Istana Garuda sementara Istana Kepresidenan diberikan nama Istana Negara.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Jokowi Namakan Kantor Presiden di IKN Jadi Istana Garuda
AFP/YASUYOSHI CHIBA
Istana Kepresidenan Indonesia yang baru di masa depan ibu kota Nusantara, di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. 

Laporan Wartawan Tribunnews Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah resmi memberikan nama untuk kantor presiden di Kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

Presiden memberikan nama Kantor Presiden dengan sebutan Istana Garuda sementara Istana Kepresidenan diberikan nama Istana Negara.

"Kemudian beliau menyampaikan ini Istana Garuda, bukan kantor presiden lagi tapi Istana Garuda yang di bawah Istana Negara," ujar Plt Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono, di Istana Kepresidenan IKN, Senin, (29/7/2024).

Baca juga: Jokowi soal Upacara 17 Agustus di IKN: Gak Ada Masalah, Tinggal Bersih-bersih

Menurut Basuki, nama tersebut sudah resmi atau official. penamaan tersebut merupakan salah satu fokus yang dibicarakan dalam rapat terbatas Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan IKN.

"Official namanya. Kemudian ada istana Garuda, di sana ada Istana Negara. saya kira itu yang fokus," katanya.

Istana Garuda nantinya akan menjadi tempat Presiden berkantor. Apabila di Jakarta, Istana Garuda sama dengan Kantor Presiden yang berada di Kawasan Istana Kepresidenan Jakarta.

BERITA REKOMENDASI

Selain itu Basuki mengatakan dalam rapat terbatas perdana dI IKN, pihaknya melaporkan sejumkah perkembangan pembangunan kawasan IKN.

Sementara itu Presiden kata Basuki menyampaikan sejumlah arahan diantaranya agar melibatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan IKN.

"Pertama utamakan partisipasi masyarakat khususnya dalam penataan IKN ini. Jangan sampai masyarakat merasa terpinggirkan, tergusurkan ataupun bahkan digusur," pungkasnya.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas