Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Tak Hanya Kelola Keuangan, Seorang CFO Dituntut Mampu Beradaptasi dan Visioner

CFO Club Indonesia memiliki peran penting dalam mendorong lahirnya CFO yang tidak hanya memiliki keahlian keuangan

Penulis: Seno Tri Sulistiyono
Editor: Hendra Gunawan
zoom-in Tak Hanya Kelola Keuangan, Seorang CFO Dituntut Mampu Beradaptasi dan Visioner
istimewa
CFO Club Indonesia mengadakan acara 5th Year Anniversary berupa talkshow: “Becoming a Public Company: Understanding The Market and IR Best Practices” . 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Peran direktur keuangan atau Chief Financial Officer (CFO) dinilai tak hanya sekadar mengelola keuangan perusahaan, tetapi juga harus beradaptasi dengan perubahan ekonomi global yang cepat, inovasi teknologi, serta regulasi yang semakin kompleks.

President CFO Club Indonesia, Yuanita Rohali mengatakan, CFO Club Indonesia memiliki peran penting dalam mendorong lahirnya CFO yang tidak hanya memiliki keahlian keuangan, tetapi juga kemampuan kepemimpinan yang mampu mengarahkan perusahaan melalui perubahan dan ketidakpastian.

"Dalam menghadapi masa depan, CFO yang adaptif, inovatif, dan visioner akan menjadi kunci keberhasilan perusahaan dalam meraih peluang di tengah ketidakpastian," kata Yuanita ditulis Kamis (1/8/2024).

Baca juga: Bangun Literasi Keuangan, Mandiri Utama Finance Ajak Masyarakat Pahami SLIK OJK

Ia pun menyebut, perkembangan teknologi yang pesat, terutama dalam bidang kecerdasan buatan (AI), analitik data, dan otomatisasi, menawarkan peluang sekaligus tantangan bagi CFO.

"Penggunaan teknologi ini dapat meningkatkan efisiensi operasional dan memberikan wawasan yang lebih mendalam melalui analisis data yang canggih," tuturnya.

Sekjen CFO Club Indonesia, Alvin Christian menambahkan, CFO pun dituntut untuk memastikan perusahaan memiliki sistem dan proses yang memadai untuk mematuhi semua regulasi, serta menjalin komunikasi efektif dengan pemangku kepentingan.

"Kegagalan dalam mematuhi regulasi dapat berakibat pada denda yang signifikan dan reputasi perusahaan yang tercoreng," paparnya.

BERITA TERKAIT
Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas