Nikmati berita interaktif dan LIVE report 24 jam hanya di TribunX
Tribun Bisnis

Kakanwil DJP Jakarta Barat Menekankan Pentingnya Sadar Pajak Sejak Usia Remaja

Para siswa diberikan edukasi perpajakan dan edukasi pembentukan karakter dalam rangka mengampanyekan program Inklusi Kesadaran Pajak.

Penulis: Dennis Destryawan
Editor: Seno Tri Sulistiyono
zoom-in Kakanwil DJP Jakarta Barat Menekankan Pentingnya Sadar Pajak Sejak Usia Remaja
HO
Kepala Kanwil DJP Jakarta Barat Farid Bachtiar. 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Dennis Destryawan

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -- Kepala Kanwil DJP Jakarta Barat Farid Bachtiar menekankan pentingnya sadar pajak sejak usia remaja.

Hal tersebut diutarakannya kepada murid sekolah tingkat SMA agar taat dan sadar pajak jika sudah memiliki penghasilan nanti.

Farid menyampaikannya saat menghadiri kegiatan Pajak Bertutur di SMAN 78 Jakarta. Pajak menopang keberlangsungan pendidikan di Indonesia.

"Dengan alokasi anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari APBN, diharapkan bermanfaat untuk meraih pendidikan yang berkualitas," ujar Farid di Jakarta Barat, dikutip Rabu (7/8/2024).

Baca juga: Pemprov DKI Beri Keringanan Pokok Hingga 10 Persen untuk Wajib Pajak yang Bayar PBB-P2 Lebih Awal

Anggaran pendidikan digunakan untuk membangun infrastruktur pendidikan, seperti sekolah, laboratorium, dan perpustakaan. Selain itu, gaji guru, beasiswa bagi anak yang kurang mampu, dan program pendidikan lainnya, juga didanai dari hasil pajak.

Dengan Pajak Bertutur, lanjut Farid, para siswa diberikan edukasi perpajakan dan edukasi pembentukan karakter dalam rangka mengampanyekan program Inklusi Kesadaran Pajak dalam pendidikan sebagai upaya mewujudkan generasi Indonesia yang cerdas dan sadar pajak.

BERITA TERKAIT

Para siswa di tingkat pendidikan menengah ini diajak memahami pajak dengan cara yang lebih menarik melalui permainan-permainan. Salah satunya adalah membuat pantun dengan tema pajak.

Dalam rangka mengampanyekan Program Inklusi Kesadaran Pajak dalam pendidikan sekaligus peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-79, Kantor Wilayah (Kanwil) DJP Jakarta Barat dan unit vertikal KPP di wilayah Jakarta Barat melaksanakan kegiatan Pajak Bertutur 2024 secara serentak di 13 sekolah yang tersebar setiap kecamatan.

Kegiatan Pajak Bertutur tahun 2024 dilaksanakan dengan tema “Lampaui Batas, Bersatu untuk Indonesia Emas” dan tagline “Pajak Bertutur 2024: Sehari Mengenal Selamanya Bangga”.

Kepala Sekolah SMAN 78 Jakarta Marjuki Miad menyambut baik kegiatan Pajak Bertutur yang diselenggarakan Kanwil DJP Jakarta Barat di sekolah yang dipimpinnya. Marjuki mengajak semua siswa untuk memahami pentingnya pajak bagi kegiatan bernegara.

“Sebagai warga negara, taatlah untuk membayar pajak karena pajak itu adalah modal utama untuk pembangunan bangsa kita,” jelas Marjuki.

13 sekolah yang menjadi lokasi kegiatan Pajak Bertutur di Jakarta Barat yakni SMK Negeri 13 Jakarta, SMK Negeri 45 Jakarta, SMA Muhammadiyah 13 Jakarta, SMK Muhammadiyah 3 Jakarta, SMA Negeri 2 Jakarta, SMA Negeri 17 Jakarta , SMA Negeri 112 Jakarta, SMA Negeri 78 Jakarta, SDIT Al-Muttaqin, SMA Negeri 84 Jakarta, SMK Negeri 60 Jakarta, SMP Negeri 206 Jakarta, dan SMA Bhineka Tunggal Ika.

Dapatkan Berita Pilihan
di WhatsApp Anda
Baca WhatsApp Tribunnews
Tribunnews
Ikuti kami di
© 2024 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media. All Right Reserved
Atas